3 Tips Cerdas Kelola Waktu untuk Freelancer

78 / 100

Artikel kali ini akan membahas tips cerdas kelola waktu untuk freelancer. Dibalik fleksibilitas jam kerja seorang pekerja freelancer online, tersimpan sebuah tantangan tersendiri untuk kelola waktu. Karena terkadang masalah yang menghambat freelancer bisa mencapai targetnya bukan pada kemampuan, tapi pengelolaan waktu yang belum optimal. Kesempatan 24 jam setiap harinya ternyata menjadi begitu sempit untuk menyelesaikan pekerjaan dari klien.

Jelas ini menjadi masalah yang sangat penting, karena jika freelancer kurang bisa mengelola waktu dan kemudian terlambat mengumpulkan job, dampaknya pasti buruk. Kemungkinan terbaiknya klien akan komplain dan tidak mau bekerja sama lagi. Kemungkinan terburuk dalam beberapa kasus, freelancer tidak dibayar sama sekali karena dianggap melanggar kesepakatan. 

Karenanya untuk kamu yang memilih pekerjaan freelance online, penting untuk bisa mengelola waktu kerja dengan cerdas. Berikut beberapa tips pengelolaan waktu yang telah terbukti membantu para freelancer :

Tips cerdas kelola waktu untuk freelancer:

Sadari Jam Biologis Tubuh

Penting untuk dipahami bahwa ada jam-jam tertentu tubuh sangat mendukung secara fisik untuk digunakan bekerja, pun sebaliknya. Hasil cenderung akan lebih bagus dan pekerjaan lebih cepat selesai ketika kondisi tubuh prima. Karenanya tips pertama adalah freelancer memahami jam biologis tubuhnya sendiri, kapan ia merasa optimal untuk bekerja. 

Fokus Pada Satu Tugas

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa bekerja multitasking bisa membuat pekerjaan selesai lebih cepat. Padahal cenderung sebaliknya karena otak berjalan lebih lambat untuk membagi fokus. Sehingga jika tak benar-benar dibutuhkan multitasking, lebih baik untuk fokus menyelesaikan satu per satu tugas. 

Kelola Waktu Luang 

Salah satu hal yang sering juga disayangkan dari para pekerja freelance online adalah menyia-nyiakan waktu luang. Kebanyakan terlena dan menghabiskannya untuk bersenang-senang. Padahal waktu dimana mereka tidak memiliki banyak pekerjaan justru paling tepat untuk digunakan program pengembangan, seperti proyek jangka panjang, proyek pribadi atau selainnya. 

Gunakan Alat Bantu 

Sering juga ditemui kesulitan manajemen waktu disebabkan oleh perencanaan yang tidak jelas. Semuanya hanya diangan-angan dalam kepala, alhasil perkiraan sering meleset. Karenanya sangat disarankan perencanaan harian dibuat konsep tertulis. Banyak juga tersedia software manajemen waktu yang bisa digunakan seperti Producteev, Todo Cloud, Todoist dan lainnya. 

Sehingga jika kamu seorang pekerja freelance online yang serius ingin mendapatkan hasil optimal, mulai latih diri untuk konsisten merumuskan pengelolaan waktu yang cermat. 

Featured image by Brad Neathery on Unsplash

Leave a Comment