Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Menjadi Freelancer di Fiverr

80 / 100 SEO Score

Artikel kali ini akan membahas tentang hal yang perlu kamu tahu sebelum menjadi freelancer di Fiverr. Fiverr adalah sebuah situs yang menjadi penghubung antara buyer dengan seller, lebih tepatnya antara employer (pengguna jasa atau pemberi kerja) dengan worker atau freelancer. Melalui Fiverr, antara owner dan worker dipertemukan untuk selanjutnya melakukan transaksi. 

Worker menawarkan jasa sesuai kemampuan yang dimilikinya dengan nilai untuk setiap pekerjaan yang dilakukannya sebesar minimal $5, sementara worker yang membutuhkan jasa orang lain untuk mengerjakan tugas-tugasnya, jika merasa ada yang cocok dari apa yang ditawarkan, dapat membeli jasa yang ditawarkan worker. 

Karena tugas atau pekerjaan yang diperjualbelikan dalam situs ini notabene adalah pekerjaan-pekerjaan ringan, sederhana dan berlaku untuk sementara waktu, maka lebih dikenal dengan sebutan microjob, sehingga fiverr.com bisa dikatakan sebagai situs microjob.

Fiverr.com sebenarnya bukan situs microjob pertama di dunia maya, dan saat ini juga banyak situs-situs microjob lainnya, seperti projects.co.id dan sribulancer.com.

Cara mendapatkan uang di Fiverr menjadi terlihat istimewa dibanding website sejenis lainnya, karena situs yang diluncurkan Micha Kaufman dan Shai Wininger pada bulan Februari 2010 ini masuk ke dalam 200 website paling populer di dunia. Dengan kata lain, kredibilitas dari Fiverr tidak perlu diragukan, dan para freelancer tidak perlu khawatir jerih payah mereka tidak dibayar.

Menjadi Freelancer di Fiverr

Sebagaimana situs microjob lainnya, cara mendapatkan uang dari fiverr dilakukan dengan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan owner atau pengguna jasa, tapi sebelumnya seorang freelancer harus mendaftarkan diri sebagai member. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengklik icon “Start Selling” yang akan membawa pengunjung ke menu Join Fiverr, dan di sana telah tersedia 3 cara untuk mendaftarkan diri, yakni dengan menggunakan email, facebook atau akun Google plus. Ikuti instruksi selanjutnya hingga pembuatan akun selesai dan email kamu terverifikasi.

Setelah pembuatan akun selesai, lakukan “Start Selling” untuk menawarkan jasa kamu yang di fiverr di sebut Gig. Settingan default di fiverr selalu berisi kalimat “ I will “…………………….” For $5. Bagian titik-titik diisi dengan jenis jasa yang kamu tawarkan, sedang nilai $5 dapat dirubah menjadi lebih besar sampai dengan maksimal $50. Jadi tugas yang dikerjakan freelancer dihargai antara $5 – $50.

Tidak hanya Gig saja yang harus diisi, tapi juga memasukkan kategori yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu tawarkan, Tags, buyer instruction, dan untuk lebih memancing minat owner dalam memanfaatkan jasa kamu, dapat pula melengkapi Gig dengan contoh portofolio atau hasil pekerjaan yang pernah kamu buat. Begitu semua telah terisi, lanjutkan dengan Click Save dan Continue.

Setelah gig selesai dibuat, worker sebenarnya hanya tinggal menunggu datangnya order dari para owner. Tetapi, agar jasa kamu dapat segera dilirik dan dimanfaatkan para owner, langkah yang dapat ditempuh adalah masuk ke menu My Selling berlanjut ke Buyer Request. Di sana akan ditemui permintaan para buyer yang cukup banyak dan relevant dengan jenis service yang sesuai dengan yang kamu tulis pada Gig. Klik “Send Offer” pada menu Buyer Request di setiap cloud buyer, dan setiap harinya kamu diberi kesempatan untuk mengirimkan penawaran sebanyak 10 kali. 

Karena cukup banyak penawaran yang kamu kirimkan, periksa inbox sesering mungkin, agar pesan balasan dari buyer tidak sampai terlewat. Jika ada buyer yang tertarik menggunakan jasa kamu, komunikasikan dengan baik, dan selesaikan tugas sesuai dengan target waktu yang telah menjadi kesepakatan bersama. 

Begitu tugas selesai dikerjakan dan kamu kirimkan, butuh waktu bagi owner untuk memeriksa hasil pekerjaan tersebut. Jika merasa puas, maka owner akan menandai dengan “Order Completed”. Setelah dinyatakan komplet, akun balance kamu akan bertambah sebesar nilai transaksi yang menjadi kesepakatan bersama dengan owner, dipotong 20 persen untuk setiap transaksi. 

Dollar yang terkumpul dalam akun balance tidak dapat diambil sebelum mencapai batas minimal withdraw yaitu USD 50. Ketika sudah terkumpul USD 50 pun masih harus diendapkan selama 10 hari atau dalam status Awaiting Cleareance. Baru setelah itu dapat dicairkan dengan menggunakan Paypal. Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum menjadi freelancer di Fiverr (*)

Photo source: Naijah Tech Guide

Leave a Comment