Review DashNex, Cara Buat Toko Dropship Murah

78 / 100

Para penggiat toko dropship di dunia maya pasti sudah tidak asing dengan kehadiran toko online berbasis web, Shopify. Kendati Shopify adalah pioner di industrinya, namun biaya berlangganan servisnya yang terbilang cukup mahal membuat pesaing mulai bermunculan untuk menghadirkan servis yang lebih terjangkau dan ringan di kantong. Salah satu yang menarik untuk dilirik adalah DashNex Pages besutan Peter Garety.

Produk DashNex

Dashnex sebagai pemula menghadirkan dua jenis servis yang bisa dinikmati yaitu membuat website dan toko online. Membuat website di Dashnex hanya bisa dimanfaatkan terbatas sebagai situs informasi saja, tidak ada fitur penulisan postingan blog atau fitur berlangganan untuk versi standarnya. Dengan kata lain tepat digunakan hanya untuk situs profil personal atau perusahaan kecuali jika kamu ingin melakukan upgrade. DashNex menamai produk ini sebagai PowerTech Website Builder.

Sementara itu untuk toko online, Dashnex memungkinkan kamu untuk membuat toko online untuk mengunggah produk sendiri atau produk dropship. Hanya saja untuk produk dropship; dari Aliexpress misalnya, kamu harus melakukan unggah produk secara manual. DashNex menamai produk ini sebagai PowerTech Store Builder.

Biaya DashNex

Tidak ada makan siang gratis ya. Bahkan untuk menggunakan servis Dashnex yang paling standar kamu masih harus menrogoh kantong. Hanya saja biayanya jauh lebih murah daripada Shopify. Untuk pengguna awal, kamu perlu membeli servis mereka seharga USD 17, atau setara dengan Rp240.000,- untuk kurs saat ini. Namun begitu, hal yang menarik adalah itu harga lifetime alias seumur hidup. Artinya kamu tidak akan pernah mengeluarkan sepeser uang lagi selamanya untuk membeli servis standar mereka.

Website dan Toko Dropship Dashnex

Apa yang kamu peroleh dengan harga sebanyak USD 17?

  1. Kamu bisa membuat dua website gratis (termasuk gratis subdomain), hanya saja branding mereka tetap menempel di domain. Misalnya kamu ingin membuat website dengan nama “tokokue”, maka domainnya akan menjadi “www.tokokue.dahsnexpages.com”
  2. Kamu bisa membuat satu toko online, baik untuk tujuan dropship atau produkmu sendiri. Seperti halnya poin pertama, di nama toko online-mu akan menempel branding mereka (yaitu myecomshop). Sehingga jika nama toko online-mu “tokokue”, maka domainnya akan menjadi “www.tokokue.myecomshop.com”
Dashnex review, buat toko dropship
Contoh tampilan layar dashboard di PowerTech Store Builder (buat toko online)
Dashnex review, buat toko dropship
Contoh tampilan layar dashboard di PowerTech Website Builder (buat website)

Jika kamu penasaran seperti apa toko online di Dashnex, kamu bisa kunjungi situs ini: https://happy.myecomshop.com/. Itu adalah salah satu situs yang dijadikan kasus kesuksesan berjualan dropship di DashNex oleh pendirinya. Peter Garety mengklaim dengan membuat situs sederhana seperti itu saja di DashNex, penjualan salah satu produknya telah mencapai hingga lebih dari USD 44.000 hanya dalam 3 bulan. Tentu saja untuk membuat kita percaya, ia menunjukkan tangkapan layar dari order yang masuk ke situs tersebut.

Kelebihan Menggunakan DashNex

Sebelum kamu memutuskan ingin menggunakan DashNex, kamu bisa memperhatikan dulu beberapa poin ini yang merupakan kelebihan DashNex:

  1. Biaya seumur hidup yang cukup murah untuk semua servis standarnya. Dengan servis standar kamu sudah bisa membuat website atau toko online yang layak terbit dan bisa menghasilkan uang.
  2. Tatap muka (user interface) yang mudah selama proses membuat website atau toko online.
  3. Pilihan warna design website yang bisa diganti untuk menyesuaikan dengan warna brand toko atau profil perusahaan.
  4. Payment Gateway menggunakan pembayaran global yang otomatis tersedia bagi toko online; yaitu Mastercard, Visa, Global, dan American Express. Perlu kamu ketahui, jika kamu membuat toko online sendiri berbasis WordPress misalnya, membuat Payment Gateway dengan metode di atas tidaklah mudah karena kamu lebih dahulu harus memiliki izin usaha berbadan hukum (CV atau PT).
  5. Kamu bisa mengganti domain asalnya dengan domain pilihanmu sendiri (tanpa branding mereka). Tentu saja sebelumnya kamu harus membeli terlebih dahulu secara terpisah domain pilihanmu lalu melakukan domain forwarding.
Dashnex review, buat toko dropship
Tersedia berbagai fitur di versi standar, termasuk fitur analytics untuk melacak perilaku pengunjung toko online-mu.

Kekurangan Menggunakan DashNex

Beberapa kekurangan DashNex di bawah ini bisa kamu pikirkan. Jika sekiranya poin-poin ini merupakan hal penting, maka kamu bisa menunda menggunakan DashNex.

  1. Kamu hanya bisa membuat website profil dengan versi standarnya, itu berarti kamu tidak bisa membuat postingan blog yang berkaitan dengan produk atau jasa perusahaanmu hingga kamu melakukan upgrade. Hal ini berarti hanya sedikit yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan on-page SEO (Search Engine Optimization) agar situsmu muncul di halaman pertama pencarian. Walaupun begitu, kamu tetap bisa mengandalkan off-page SEO dan berusaha lebih keras di situ.
  2. Template website yang masih sangat terbatas jumlahnya. Hingga artikel ini ditulis hanya tersedia 10 template website untuk dipilih. Sementara membuat website dengan kustomisasi juga tidak memungkinkan. Sehingga jika 10 template tadi tidak memuaskanmu, maka produk ini menjadi tidak terlalu berguna. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari DashNex akan menambah jumlah templatenya, sebaiknya memang begitu.

Pada akhirnya, setiap produk pasti punya roadmap dan cara monetisasinya sendiri. Nah, jika kamu ingin memaksimalkan servis dari DashNex, kamu bisa melakukan upgrade sekali seumur hidup untuk mendapatkan servis penuh yaitu bisa membuat 10 website dan 10 toko online (dengan domain gratis). Hanya saja biaya upgradenya cukup mahal, yaitu seharga USD 97. Jika kamu tertarik mencoba atau mempelajari lebih jauh, kamu bisa melakukannya di sini. Kamu akan mendapatkan deposito USD 5 hanya dengan mendaftar (walaupun belum membeli) produk DashNex. Deposit tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk membeli ataupun upgrade keanggotaanmu di DashNex.

Di artikel berikutnya, Kerjadaring akan mengulas cara membuat toko dropship mudah dan simpel dari AliExpress yang anti-manual; alias tinggal klik dan produk langsung tersalin di situsmu, plus auto-update stok. Sampai nanti! (*)

Leave a Comment