Review Aplikasi Meesho untuk Dropship Online

81 / 100

Dropship adalah kegiatan menjual kembali produk orang lain tanpa harus repot untuk memikirkan stok barang, pengemasan, dan pengiriman. Dalam bahasa yang sederhana, dropship tidak jauh berbeda dengan menjadi makelar, yaitu bekerja hanya dengan menghubungkan antara target pasar dengan produk terkait. Berbagai marketplace seperti Shopee dan Tokopedia telah memiliki opsi dropship, sehingga siapapun bisa mendapatkan selisih margin dengan menjual kembali barang di aplikasi belanja tersebut kepada orang lain. Namun kini telah hadir aplikasi belanja online yang didesain khusus untuk Dropshipper ataupun reseller yaitu Meesho, saya akan coba mereview aplikasi Meesho dari berbagai aspek.

Review Aplikasi Meesho untuk Dropship Online

Meesho adalah aplikasi belanja online yang dirancang khusus untuk dropshipper atau reseller. Sebagaimana tagline mereka: reselling apps, earn money online, work from home. Dengan demikian, Meesho memiliki beberapa keunggulan antara lain:

  • Logo merek atau perusahaan yang bisa kamu buat sendiri langsung di aplikasinya
  • Seluruh barang mereka bisa dikirim dengan sistem COD, sehingga konsumenmu merasa aman untuk memesan barang dari kamu.
  • Fitur mengunduh gambar produk yang super instan dan praktis. Kamu bahkan bisa membagikan langsung gambar produk dari aplikasi ke sosial mediamu tanpa terdapat harga produk dan nama produsennya. Hal ini membuat seolah-olah kamu adalah penjual pertama.
  • Fitur penghitung profit dimana Meesho secara otomatis akan menghitung selisih harga jual mereka dan harga jualmu yang merupakan profitmu

Apakah Belanja di Meesho Lebih Murah?

Tadinya saya berfikir aplikasi seperti Meesho telah memastikan produk di aplikasi mereka berasal dari produsen langsung, mengingat target penggunanya adalah makelar. Jika demikian, maka bisa dipastikan harga produk yang tertera di sana seharusnya adalah harga tier 1. Namun setelah melakukan pengecekan terhadap beberapa produk, saya menemukan terkadang ada harga yang jauh lebih mahal untuk produk yang sama di Shopee.

dropship
dropship
Produk mukena yang sama di Shopee namun dengan harga Rp223.500,-

Dari perbedaan tersebut dapat berarti dua hal:

  • Walaupun Meesho adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk dropshipper atau reseller, namun mereka tidak bisa memastikan bahwa produknya berasal dari produsen langsung.
  • Sekalipun produk mereka berasal dari produsen langsung, namun harga yang ditawarkan untuk pembeli sangat berbeda jauh dari harga yang ditawarkan di marketplace lain, seolah-olah produsen mengambil keuntungan yang sangat tinggi di Meesho.

Dengan demikian, jika harga termurah adalah pertimbangan utamamu untuk men-dropship suatu produk, maka Meesho tidak bisa selalu diandalkan. Memilih dan membandingkan langsung harga produk dari aplikasi belanja yang telah lebih dulu ada adalah lebih baik. Namun jika kamu mengungguli fitur-fitur dropship yang dimiliki Meesho seperti yang telah disebutkan di atas, maka Meesho bisa menjadi alternatif aplikasi pilihan untuk melakukan dropship online dengan tetap membandingkan harga produk tersebut dengan harga pasaran di marketplace lain yang telah memiliki traffic tinggi.

Semoga review ini membantu. Jika kamu memiliki pendapat lain tentang Meesho atau kamu mengetahui aplikasi serupa, silakan berbagi di kolom komentar.

Comments

  1. Anonymous
    October, 2020
    • Vira
      October, 2020
  2. Riky
    November, 2020
    • Vira
      November, 2020

Leave a Comment