Pekerjaan Penulis Lepas Artikel Bahasa Inggris di Constantcontent

82 / 100 SEO Score

Mereka yang memiliki kemampuan dalam menangkap ide dan merangkai kata-kata, kini  semakin mudah untuk memperoleh penghasilan lewat kemampuannya tersebut dengan banyaknya startup yang membuka platform jasa penghubung antara pemberi kerja dan pencari kerja. Peluang penulis lepas menjadi semakin terbuka lebar bahkan dengan penghasilan yang besar jika dibarengi dengan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris.

Salah satu startup yang menjadi penghubung antara pemberi kerja dengan pencari kerja tersebut adalah constantcontent. Sistem kerja yang diusung oleh platform ini hampir sama dengan situs-situs yang ada di Indonesia, seperti Sribulancer.com, projects.co.id serta yang lain. Hanya saja platform ini khusus untuk pemberi kerja yang membutuhkan bantuan content writer serta mereka yang memiliki keahlian menulis, dan tidak untuk jasa yang lain.

Constantcontent memberikan peluang yang lebih besar kepada freelance writer untuk memperoleh proyek dengan nilai tinggi dibanding situs-situs sejenis yang ada di Indonesia,  karena platform ini menjembatani para pemberi kerja dari seluruh penjuru dunia termasuk yang ada di negara-negara maju yang memang lebih menghargai kerja dari seorang freelancer.

Pekerjaan Penulis Lepas Artikel Bahasa Inggris di Constantcontent 1
Constantcontent mengajak para penulis untuk bergabung menjadi freelance writer

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan proyek dari perusahaan-perusahaan raksasa, karena selama ini constantcontent telah dipercaya oleh sejumlah perusahaan besar seperti Uber, eBay, The Home Depot, Hayneedle, CVS, Walgreens, Zulily dan masih banyak lagi perusahaan besar lainnya.

Cara Bergabung Menjadi Penulis Lepas di Constantcontent

Dibandingkan dengan platform sejenis yang ada di Indonesia, peluang penulis lepas untuk mendapatkan proyek bernilai tinggi di constantcontent memang lebih besar, namun untuk dapat bergabung relatif lebih sulit dan harus benar-benar memiliki kemampuan dalam menulis artikel berbahasa Inggris.

Jika kamu merasa yakin dengan kemampuanmu dalam menulis artikel berbahasa Inggris, manfaatkan peluang penulis lepas yang ditawarkan oleh platform ini dengan mengunjungi situsnya. Setelah membuka laman depan website, scroll ke bawah sampai menemukan kolom Writer Registration dan klik kolom tersebut.

Pendaftaran juga bisa diawali dengan mengklik kolom For Writers untuk mengetahui informasi tentang keuntungan dan alasan bergabung dengan constantcontent, lalu scroll ke bawah sambil membaca informasi yang ditampilkan sampai menemukan kolom Writer Registration untuk di-klik.

Begitu meng-klik kolom tersebut, kamu akan dibawa ke laman write for us? Untuk melengkapi data diri.Setelah seluruh data terisi, centang kolom Term & Condition dan klik Continue. Selanjutnya lakukan verifikasi email dengan mengklik link yang dikirim ke alamat email yang kamu daftarkan dan selesai sudah registrasi tahap pertama.

Lanjutkan registrasi tahap kedua dengan menjawab semua tes yang diberikan oleh constantcontent. Bagi yang menguasai Bahasa Inggris dan memahami dunia kepenulisan dipastikan tidak akan kesulitan untuk mengisi semua pertanyaan yang diberikan, tapi tidak demikian halnya dengan mereka yang tidak menguasai Bahasa Inggris serta belum pernah terjun di bidang tulis-menulis.

Cara ini digunakan constantcontent untuk memfilter worker, agar mereka yang diterima sebagai writer benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dalam menghasilkan konten berkualitas.

Pekerjaan Penulis Lepas Artikel Bahasa Inggris di Constantcontent 2
Sistem Pembelian Artikel yang Ditawarkan Constantcontent kepada Klien

Bahkan untuk memastikan kualitas dari freelancer, constantcontent masih menambah satu persyaratan lagi untuk seleksi tahap ketiga, yaitu mewajibkan calon writer mengirimkan contoh artikel sepanjang 100 – 250 kata.

Peluang Penulis Lepas Menghasilkan Dollar di Constantcontent

Peluang penulis lepas untuk dapat menerima proyek penulisan dan menghasilkan uang bisa diperoleh dengan 3 cara. Pertama saat ada klien yang tertarik membaca profil kamu, kedua dengan mengikuti lelang pada proyek yang ditawarkan pemberi kerja dan yang ketiga jika ada klien yang tertarik untuk membeli artikel-artikel yang kamu tawarkan di perpustakaan constantcontent.

Untuk peluang pertama bisa diperoleh jika klien mengklik kolom FIND WRITER dilanjutkan dengan mencari penulis yang diinginkan melalui kolom Search for Freelance Writers. Jika kebetulan profil kamu yang menarik perhatiannya, maka dia akan menghubungi kamu melalui constantcontent untuk menawarkan proyek berikut harga dari proyek tersebut.

Peluang penulis lepas kedua diconstantcontent adalah dengan mengikuti lelang proyek sebagaimana situs-situs sejenis yang ada di Indonesia. Setiap penulis yang tertarik pada proyek yang ditawarkan dapat mengikuti lelang dengan menuliskan bid atau nilai penawaran. Selanjutnya mereka yang dipilih oleh klien alias memenangkan lelang, berhak untuk mengerjakan proyek dengan nilai sebagaimana yang tertulis pada bid.

Peluang ketiga untuk mendapatkan uang di constantcontent dilakukan tanpa harus menunggu dihubungi oleh klien atau tanpa didahului dengan mengikuti lelang. Caranya adalah dengan menulis artikel berkualitas sebanyak mungkin, kemudian dikirimkan ke constantcontent sambil menyertakan harga yang kamu minta untuk setiap paket artikel yang kamu kirimkan.

Setelah melalui proses editing dan dianggap memenuhi syarat, maka artikel-artikel kamu akan ditempatkan di perpustakaan constantcontent. Jika ada klien yang tertarik untuk membeli artikel tersebut, maka uang yang dibayarkan klien akan masuk ke balance.

Seluruh uang yang kamu peroleh dari 3 aktifitas tersebut akan terkumpul di Balance dan tidak bisa langsung dicairkan, melainkan harus terkumpul minimal US$ 5. Setelah mencapai batas minimum pencairan, maka uang tersebut secara otomatis akan ditransfer ke rekening Paypal dengan menggunakan alamat email yang sama dengan yang kamu tulis pada saat pendaftaran.

Jadi saat kamu tertarik untuk memanfaatkan peluang penulis lepas yang ditawarkan constantcontent, gunakan email yang sama dengan alamat email Paypalmu pada saat melakukan pendaftaran. (*)

Photo by hannah grace on Unsplash

Leave a Comment