Daftar Menjadi Peneliti Lepas di Ravenry, Kerja dari Rumah

75 / 100 SEO Score

Untuk menjadi seorang peneliti lepas, tidak harus bergabung pada lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, perusahaan industri, atau institusi yang lain, karena saat ini telah tersedia platform yang memungkinkan seseorang untuk menjadi peneliti dari rumah dengan bergabung di Ravenry.

Startup peraih penghargaan Best Innovation Award pada NTT Com Startup Challenge 2018 ini bermarkas di 150 North Road 179101 Singapore yang memiliki kantor cabang di berbagai negara, termasuk di Indonesia dengan alamat di JL.H.R. Rasuna Said No.5, RT/RW: 9/4, Kuningan Timur, Jakarta Selatan, 12950.

Ravenry merupakan jembatan bagi lembaga, instansi, perusahaan maupun perorangan yang ingin melakukan riset namun terkendala oleh jarak, waktu dan juga kesempatan dalam berburu data, sehingga membutuhkan bantuan freelancer yang memiliki kemampuan untuk menjadi peneliti dari rumah.

Kendala itulah yang harus diselesaikan oleh freelancer dengan menyediakan data yang dibutuhkan oleh pelanggan atau klien, seperti melakukan survey, memberikan laporan data pangsa pasar, trend yang sedang populer, mengumpulkan informasi tentang startup atau perusahaan yang bergerak di industri tertentu dan berbagai data lainnya.

Syarat Menjadi Peneliti Lepas di Ravenry

  • Kemampuan menulis Bahasa Inggris yang sangat baik. Karena semua laporan akan ditulis dalam Bahasa Inggris
  • Kemampuan melakukan riset yang mendalam
  • Perhatian pada hal kecil atau rinci
  • Familiar menggunakan Google Suite dan Ms Office
  • Menguasai bahasa selain bahasa Inggris adalah nilai plus

Dengan menjalankan aktifitas sebagai peniliti lepas, kamu akan dibayar oleh klien melalui Ravenry yang nilainya tergantung dari bobot dan tingkat kesulitan penelitian dan pengumpulan data. Fee yang akan kamu peroleh sebagai peneliti di Ravenry berkisar antara Rp70.000 – Rp150.000 per jamnya.

Cara Menjadi Peneliti di Ravenry

Untuk menjadi peneliti lepas di Ravenry tidak sulit dan tidak membutuhkan persyaratan yang rumit. Freelancer hanya tinggal membuka website ravenry, lalu klik kolom Careers pada bagian bawah website.  Setelah terbuka jendela baru, lanjutkan dengan mengklik tombol get started for free pada pojok kanan atas website, selanjutnya akan terbuka jendela baru yang berisi form pendaftaran. Jika kamu mengalami kendala teknis seperti tombol yang tidak bisa diklik, kamu bisa melamar dengan membuka tautan ini.

Daftar Menjadi Peneliti Lepas di Ravenry, Kerja dari Rumah 1
Form peendaftaran awal yang harus kamu isi untuk bergabung menjadi peneliti lepas di Ravenry

Isi form tersebut dengan nama depan dan nama belakang, alamat email serta password yang nantinya dipakai log in. Centang kolom I accept Ravenry’s Term & Conditions lalu tekan tombol sign up. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan yang memintamu untuk membuka email dan melakukan verifikasi pendaftaran.

Usai melakukan verifikasi dengan mengklik link yang dikirim ravenry via email, kamu tinggal melanjutkannya dengan melakukan log in. Begitu log in, kamu akan dibawa ke laman My Projects yang tentunya masih belum terisi data karena kamu baru bergabung. 

Untuk mendapatkan proyek penelitian, klik tombol +NewProject pada pojok kiri atas website dan akan terbuka jendela baru berisi list proyek yang tersedia. Pilih proyek yang sesuai dengan kompetensimu dengan cara mengklik proyek tersebut. Selanjutnya akan terbuka detail proyek yang harus dikerjakan beserta data pendukungnya.

Baca dengan teliti detail dari proyek tersebut, jika merasa cocok, klik tombol Create. Tahapan berikutnya adalah menjawab rangkaian pertanyaan sebagai acuan bagi klien untuk menentukan freelancer mana yang layak untuk dipilih. 

Jika kamu yang terpilih, maka akan ada pemberitahuan melalui email serta website ravenry. Kerjakan proyek tersebut dengan sungguh-sungguh, karena apabila klien tidak puas dengan hasil pekerjaanmu, klien berhak untuk meminta dilakukan revisi. Jika hasil kerjamu sesuai dengan yang diharapkan, maka klien akan mengkonfirmasi pembayaran dan ravenry akan mentransfer uang ke rekening yang kamu daftarkan.  

Cukup mudah bukan untuk menjadi peneliti lepas dan kamu bisa kerja dari rumah? Jadi, tunggu apalagi, segera daftarkan diri kamu untuk menjadi bagian dari Ravenry. (*) 

Photo by Isaac Smith on Unsplash

Leave a Comment