Maksud dari Konten Duplikat Saat Mendaftar di Google Adsense Pertama Kali

84 / 100

Konten duplikat adalah salah satu isu yang sering dialami oleh pengguna pemula di Google Adsense. Google Adsense bagi para blogger atau penulis konten bukanlah hal yang asing. Ini adalah salah satu cara mendapatkan pundi-pundi rupiah sambil tetap menyalurkan hobi menulis. Bagi mereka yang menulis melalui Blogspot– domain blog milik Google, mengaktifkan Google Adsense adalah perkara yang sangat mudah, hanya dengan switch on pada bagian setting, maka iklan akan muncul dengan sendirinya pada blog penulis.

Lain ceritanya bagi mereka yang menuangkan tulisan melalui platform pihak ketiga seperti WordPress, hal ini tidak semudah membalikkan tangan. Karena WordPress tidak berafiliasi dengan Google, maka dibutuhkan beberapa trik agar situs bisa disetujui oleh Google Adense. Salah satu kendala yang paling sering ditemukan oleh WordPress pemula saat mendaftar di adsense adalah: konten duplikat.

Konten Duplikat

Apa yang Dimaksud dengan Konten Duplikat?

Sesuai namanya, duplikat berarti terdapat satu konten dengan esensi isi yang sama (baik dari judul maupun badan tulisan). Sebenarnya jika hanya terdapat 1 konten, mungkin adsense tidak akan menganggap itu sebagai masalah. Namun jika terdapat cukup banyak, nah inilah yang membuat situsmu tidak mendapatkan approval. Hal ini dianggap masalah serius oleh Google untuk menghindari pihak yang hanya ingin mencari keuntungan lewat adsense tapi sebenarnya situs mereka tidak memiliki value atau manfaat bagi pembaca. Mereka memposting tulisan yang sama berulang-ulang untuk “mengelabui” Google bahwa situs mereka menghasilkan tulisan yang rutin diposting secara berkala mengingat hal tersebut merupakan salah satu ranking factor untuk menjadikan halaman situs berada di peringkat atas di mesin pencarian.

Bagaimana Mengetahui Postingan Mana yang Duplikat?

Setelah kamu menerima peringatan dari Google, mungkin kamu akan bertanya-tanya tentang tulisanmu yang duplikat apalagi jika kamu telah menulis post dalam jumlah banyak. Terdapat beberapa situs yang bisa memberitahumu tentang hal ini, kamu bisa menggunakan antara lain: Siteliner, Copyscape, Cocoscan, dan Screaming Frog.

Mengatasi Konten Duplikat

Masalahnya adalah: saya tidak merasa membuat konten duplikat di situs saya?

Mungkin kamu membuatnya secara tidak sengaja. Perhatikan lagi situs kamu, jika terdapat beberapa widget atau plugin yang aktif terkait postingan seperti popular post, recent post dst yang muncul di setiap halaman situsmu, Google menganggap itu semua sebagai konten duplikat. Hal ini karena widget atau plugin tersebut hanya mengulang-mengulang postingan tersebut di banyak halaman berbeda di situsmu. Jika situsmu masih baru, saran terbaik adalah non-aktifkan widget atau plugin tersebut. Selama layout esensial dan estetika masih cukup OK, singkirkan keinginan untuk mempercantik situs secara berlebihan, fokus saja dulu untuk membangun traffic.

Sebab lainnya adalah meletakkan Category Post di bagian Menu. Hindari melakukan hal ini sebelum kamu mendaftar adsense pertama kali. Karena Category Post pada dasarnya hanya mengulang atau meletakkan link dari setiap post ke bagian Menu. Nanti kalau situsmu sudah disetujui adsense, kamu boleh mencoba kembali untuk meletakkannya.

Maksud dari Konten Duplikat Saat Mendaftar di Google Adsense Pertama Kali 1
Contoh: Kerja Online dan Blog adalah Category Post. Google akan membaca ini sebagai barang duplikat.

Bagaimana jika saya tetap ingin menampilkan popular atau recent post di beberapa halaman situs, adakah solusinya?

Jawabannya ada. Hanya saja hal ini membutuhkan sedikit pengetahuan SEO karena kamu harus menyeting beberapa hal agar sistem Google tidak membaca postingan-postingan duplikat. Hal ini akan dibahas di kesempatan berbeda.

Mengapa Konten Duplikat Bermasalah?

Hal ini terkait dengan kebijakan Google untuk memberikan pengalaman terbaik bagi kita semua, usernya. Sebenarnya popular atau recent post itu tidak salah karena hanya berusaha mengingatkan pembaca adanya postingan lain yang menarik. Namun sayangnya sistem Google membaca itu sebagai barang duplikat. Tidak ada yang senang mengunjungi situs yang hanya mengulang-ulang postingan yang sama, bukan? Google peduli dengan kenyamanan usernya, maka kamu juga harus demikian.

Jadi, berikan pengalaman terbaik untuk pembaca blog atau situsmu. Kalau pengunjung senang dengan situsmu, maka Google juga sama. Semoga penjelasan ini bisa dipahami, selamat mencoba triknya! (*)

Leave a Comment