Lakukan Hal Berikut untuk jadi Freelancer Sukses

71 / 100 SEO Score

Menjadi seorang freelancer yang sukses bukan hal yang mudah, terlebih di tengah ketatnya persaingan pekerja lepas seperti sekarang ini. Karena setiap kali muncul pekerjaan baru bisa dipastikan akan diserbu para freelancer.

Ironisnya, ada beberapa freelancer yang menawarkan tenaga dan kemampuan mereka dengan harga yang sangat murah agar bisa memenangkan proyek. Tentu saja apa yang dia lakukan itu tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga merugikan freelancer yang lain. 

Kerugian bagi freelancer lain yang dimaksud bukan karena proyek tersebut, melainkan dari sisi penghargaan yang diberikan klien kepada freelancer. Karena jika ada seorang freelancer yang menjual tenaga dan kemampuannya dengan sangat murah, maka pandangan klien terhadap sebagian besar freelancer pun juga sama, yaitu menghargai tenaga dan kemampuan mereka dengan sangat murah.

Namun, bagi Anda yang memiliki tekad kuat untuk menjadi freelancer, tidak perlu cemas dengan fenomena tersebut. Anda tetap bisa sukses, mendapatkan penghargaan yang layak dari tenaga dan kemampuan yang telah Anda keluarkan serta memperoleh penghasilan yang layak, jika melakukan 3 hal berikut ini.

Freelancer Sukses itu Unik dan Berbeda

Sebuah karya pada umumnya akan diingat dan memperoleh penghargaan yang layak jika memiliki sifat unik dan berbeda dari yang lain, begitu juga dengan hasil kerja. Jika seorang freelancer mampu menghasilkan pekerjaan yang unik dan berbeda serta dengan kualitas yang baik kepada kliennya, maka klien tersebut akan selalu mengingatnya dan akan memanfaatkan jasanya kembali jika sewaktu-waktu membutuhkan.

Bahkan, jika  klien merasa puas dengan hasil kerja freelancer yang unik, berbeda dan berkualitas, tidak menutup kemungkinan akan menaikkan penghargaan yang diberikan kepada freelancer.

Freelancer Sukses itu Mengasah Kreatifitas

Sesuatu yang unik, berbeda dan berkualitas hanya bisa dihasilkan jika seorang freelancer memiliki kreatifitas dan selalu berinovasi dalam menyelesaikan pekerjaannya. Itu sebabnya seorang freelancer harus terus mengasah kreatifitas dan tidak boleh berpuas diri dengan apa yang sudah bisa dilakukan. 

Karena jika hasil pekerjaannya monoton tanpa ada pengembangan, bukan tidak mungkin akan tergilas oleh ketatnya persaingan, mengingat kompetitor freelancer dari hari ke hari terus bertambah.

Freelancer Sukses itu Memperbarui Keahlian 

Selain mengasah kreatifitas dan terus berinovasi, seorang freelancer harus terus belajar, utamanya terkait dengan bidang keahlian yang ditekuni dan dijual kepada klien. Memperbarui keahlian juga bisa dengan cara menambah keahlian yang dimiliki sehingga semakin banyak peluang yang bisa diraih.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbarui keahlian, bisa belajar langsung kepada orang yang menguasai keahlian tertentu, lewat buku-buku, diklat, seminar, workshop atau kursus dan kelas online. Namun yang pasti, jangan pernah bosan untuk terus belajar dan belajar.

Featured image by Alex Sheldon on Unsplash

Leave a Comment