Kumpulkan Dollar dengan Menjadi Penerjemah Lepas di ProZ

77 / 100

Memperoleh penghasilan dari kemampuan dalam berbahasa asing kini semakin terbuka lebar, karena tidak hanya dapat mengais rejeki dengan berprofesi sebagai guide bagi wisatawan mancanegara atau bekerja tetap di instansi-instansi dan perusahaan-perusahaan melainkan juga bisa bekerja sebagai penerjemah lepas.

Untuk dapat memberikan layanan sebagai translator itupun kamu tidak perlu membuka kantor khusus sebagai tempat usaha, tapi dapat memanfaatkan sejumlah platform di dunia maya yang menjadi penghubung antara para penterjemah dan ahli bahasa dengan mereka yang membutuhkan jasa penterjemah, salah satu dianataranya adalah ProZ.

Platform ini menjadi ladang bisnis yang menarik bagi para ahli bahasa dan penterjemah karena menghubungkan para pemberi kerja dari seluruh dunia dengan para penterjemah dan ahli bahasa.

Kumpulkan Dollar dengan Menjadi Penerjemah Lepas di ProZ 1
Proz, Website Komunitas dan Tempat Kerja Online bagi Profesional Bahasa

Selain itu, ProZ merupakan media komunitas, sehingga selain memungkinkan bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan juga membuatmu dapat saling bertanya jawab dan bertukar informasi dengan anggota lainnya dari berbagai negara. Tersedia pula layanan pendidikan kepenerjemahan secara offline dan online yang membuat kemampuan anggotanya dalam menguasai bahasa asing semakin meningkat.

Cara Bergabung Menjadi Penerjemah Lepas di ProZ

Untuk menjadi member di ProZ, kamu cukup mengunjungi situsnya dan pilih salah satu tombol Register yang ada di pojok kanan atas, di tengah serta di bawah laman utama.  Selanjutnya kamu akan ditawari 3 jenis keanggotaan, yaitu jenis keanggotaan Free, Standard dengan biaya USD 110 pertahun dan Plus dengan biaya USD 170 pertahun.

Bagi yang masih ragu dan ingin melihat-lihat terlebih dahulu fasilitas yang dimiliki ProZ untuk membernya, pilih saja jenis keanggotaan Free, lalu isi form registrasi sebagaimana mengisi kolom pendaftaran pada situs-situs yang lain.

Dengan mengklik tombol Register, kamu akan menerima 3 email sekaligus, yaitu 2 email dari ProZ yang berisi ucapan selamat bergabung dengan ProZ serta email yang berisi link verifikasi email untuk di-klik. Sedang yang satunya lagi adalah email dari TM-Town yang juga platform penerjemah lepas yang telah diakuisi dan dioperasikan oleh ProZ.

Klik tombol Go to your new account pada email yang dikirim TM-Town jika kamu juga tertarik untuk bergabung dengan platform yang satu ini, karena TM-Town juga memberi peluang bagi translator untuk bisa memperoleh pendapatan. Jika tidak tertarik, maka abaikan saja email tersebut.

Cara Memperoleh Pendapatan sebagai Penerjemah Lepas di ProZ

Kumpulkan Dollar dengan Menjadi Penerjemah Lepas di ProZ 2
Proyek-proyek yang Tersedia di ProZ dapat dilihat di laman Translation jobs

Setelah diterima sebagai member ProZ dengan mengklik verifikasi email, kamu akan dibawa ke laman yang berisi tombol untuk melengkapi data diri serta tombol-tombol yang berisi panduan penggunaan website serta sistem kerja yang berlaku di ProZ.

Klik tombol  Complete your profil untuk melengkapi data diri, karena jika data diri tidak diisi lengkap maka beberapa fitur pada website akan diunlock sehingga tidak bisa dibuka dan dimanfaatkan. Selain itu, Profil atau Data Diri juga merupakan sarana untuk menjual jasa kamu sebagai penerjemah lepas, karena mustahil klien akan mempercayakan proyek terjemahannya pada kamu jika tidak mengetahui profil serta porto-foliomu.

Untuk mendapatkan proyek menterjemah, kamu bisa klik tombol Browse Job dan kamu akan dibawa ke laman Translation Jobs yang mirip dengan website forum semacam kaskus, ads.id dan sejumlah website forum lainnya. Melalui laman itulah para pemberi kerja menawarkan proyek kepada para worker dan para penerjemah lepas bisa mengajukan penawaran.

Jangan lupa bahwa ProZ merupakan wadah bagi juru bahasa profesional atau penterjemah serta mereka yang butuh jasa penterjemah dari seluruh dunia, sehingga proyek yang tersaji di laman Translation jobs bukan hanya menterjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya, tapi juga menterjemahkan berbagai bahasa yang ada di dunia.

Jika ada proyek yang cocok dengan kemampuan kamu, klik judul dari proyek tersebut untuk melihat deskripsi tugas yang diberikan klien. Selanjutnya, aktifitas apapun yang berhubungan dengan proyek akan dilakukan di halaman tersebut, seperti mengajukan permohonan dan melakukan penawaran, negosiasi harga, mengirimkan hasil pekerjaan, revisi serta yang lain.

Apabila kamu yang terpilih untuk mengerjakan proyek dan proyek tersebut berhasil kamu kerjakan sesuai permintaan klien, maka balance kamu akan bertambah sesuai dengan harga yang telah menjadi kesepakatan bersama. Jadi kamu tidak perlu khawatir hasil kerjamu tidak dibayar, karena klien sebelumnya telah menyetorkan sejumlah uang ke ProZ sebelum meminta kamu untuk mengerjakan proyeknya.

Balance yang terkumpul di wallet atau dompet ProZ dapat ditarik dengan beberapa metode pembayaran, yaitu melalui e-currency dengan menggunakan Paypal dan Moneybookers serta transfer bank dengan menggunakan Western Union. Menariknya, ProZ tidak memotong sepeserpun uang yang kamu tarik dari wallet, kecuali untuk biaya transfer.

Demikian cara memanfaatkan keahlian kamu dalam berbahasa asing untuk mencari penghasilan dengan menjadi penerjemah lepas di ProZ.(*)

Leave a Comment