Kerja Online Sampingan Tanpa Keahlian Khusus di Clickworker

77 / 100 SEO Score

Banyak situs-situs di internet yang memberikan kerja online sampingan dengan penghasilan yang lumayan jika ditekuni secara serius. Salah satu diantaranya adalah perusahaan crowdsourcing dari Jerman bernama Clickworker yang sudah eksis sejak tahun 2005 dengan member sebanyak lebih dari 700.000 orang yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Apa yang Dikerjakan di Clickworker?

Clickworker akan memberikan bayaran kepada setiap membernya dengan mengerjakan microtask alias tugas-tugas ringan secara online, mulai dari tugas yang tidak membutuhkan keahlian khusus, seperti mengisi survey, merekam suara, melakukan pencarian online, merekam gerakan tertentu, serta yang lain, sampai dengan tugas yang butuh skill seperti menerjemahkan, menulis, input data, menguji aplikasi dan sebagainya.

Member akan memperoleh imbalan dari setiap tugas yang dipilih dan selesai dikerjakan dengan nilai yang bervariasi tergantung dari berat dan ringannya tugas serta panjang dan pendeknya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. 

Imbalan dalam bentuk mata uang Euro tersebut nantinya akan tersimpan dalam wallet atau dompet clickworker dan baru bisa ditarik ke rekening Paypal member setelah mengendap di dompet clickworker selama 1 minggu serta sudah mencapai batas minimum penarikan sebesar 5 Euro. 

Cara Daftar Clickworker

Untuk bisa memperoleh kerja online sampingan dengan mengerjakan berbagai macam proyek, kamu harus terlebih dahulu menjadi member clickworker dengan cara mengunjungi websitenya, kemudian meng-klik kolom register dan memilih kolom Register as a Clickworker. 

Di laman Register as a Clickworker, kamu akan disuruh mengisi data diri secara lengkap sebelum melanjutkan proses pendaftaran dengan meng-klik tombol Sign-up. Lanjutkan dengan membuka alamat email yang kamu daftarkan dan lakukan verifikasi melalui link yang dikirimkan clickworker. 

Selanjutnya lengkapi clickworker profil hingga 100% sebelum mulai berburu pekerjaan dengan melihat kolom All Jobs pada menu Home. Pilih tugas yang sesuai dengan kemampuanmu dan yang menjanjikan imbalan menarik, lalu klik Start untuk memulai pekerjaan tersebut. Setelah tugas selesai dikerjakan,  imbalanpun akan masuk ke dompet clickworkermu.

Cara Kerja Clickworker     

Mendapatkan imbalan kerja online sampingan melalui Clickworker relatif mudah untuk dilakukan karena kamu dapat memilih task yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Terlebih  terdapat sejumlah tugas yang tidak membutuhkan skill khusus sehingga dapat dikerjakan oleh siapapun.

Hanya saja,  task untuk worker dari Indonesia memang relatif sedikit dibandingkan task yang tersedia untuk member dari  Eropa, Amerika utamanya member dari Jerman, sehingga untuk dapat mengumpukan uang dalam jumlah banyak butuh waktu yang lama jika hanya mengandalkan dari task

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan uang banyak dalam waktu yang relatif cepat di Clickworker adalah dengan mengikuti UHRS Assessment, yaitu semacam seleksi atau ujian dengan menggunakan bahasa Inggris. 

Jika kamu berhasil mendapatkan nilai minimal 90 dari mengerjakan ujian tersebut, maka kamu berhak mengerjakan task yang terdiri dari beberapa hit. Harga setiap hit yang diselesaikan sekitar 0.02$ – 0.1$. Nilai tersebut memang sedikit, namun pengerjaannya juga butuh waktu sebentar, sehingga dalam waktu 1 jam, kamu bisa menyelesaikan sekitar 150 – 200 hit

Kerja Online Sampingan Tanpa Keahlian Khusus di Clickworker 1
Jobs yang membutuhkan UHRS akan memiliki tanda tersendiri. Setiap pekerjaan memiliki batas waktu untuk dikerjakan.

Berdasarkan pengakuan para member yang aktif mengecek dashboard clickworker, dengan mengerjakan UHRS Assessment mereka terkadang bisa mendapatkan task yang berisi 8000 hits dengan nilai 0.05$. 

Jika 8000 hits tersebut dapat diselesaikan semua, setidaknya 400$ dapat dikumpulkan setiap bulannya dari kerja online sampingan yang disediakan clickworker. Bagaimana, menarik bukan? (*)

Photo by bruce mars on Unsplash

Leave a Comment