Kerja Online Mudah di Situs Amazon

77 / 100 SEO Score

Bagi sebagian orang Indonesia kerja online bukanlah hal yang baru. Ada banyak sekali situs yang menyediakan pekerjaan untuk dilakukan secara virtual melalui internet seperti yang dilakukan oleh Amazon. Melalui programnya yang bernama mechanical turk, Amazon membuka peluang pekerjaan microtask bagi siapapun dari seluruh penjuru dunia.

Apa itu Amazon Mechanical Turk?

Amazon Mechanical Turk (MTurk) adalah pasar untuk pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan manusia. Layanan Mechanical Turk mempertemukan antara pemberi kerja dengan pekerja lepas untuk beragam jenis tugas yang masuk kategori ringan dan tanpa keterampilan khusus. Dimana tugas tersebut dapat diselesaikan kapan pun secara online dan dengan waktu yang fleksibel.

Mendaftarkan Diri di Amazon Mechanical Turk

Jika kamu sudah pernah membuka akun di situs Amazon, maka ketika mendaftar di situs Mturk secara otomatis akunmu akan tersinkronisasi. Kamu bisa mulai bergabung di Mturk melalui tautan berikut: Daftar Mturk.

Kerja Online Mudah di Situs Amazon 1
Pilih Create a Worker account saat mendaftar untuk menjadi pekerja lepas di Amazon MTurk.

Setelah mendaftar, kamu tidak langsung dapat mengerjakan tugas, melainkan menunggu sekitar 3 hari kerja untuk status akunmu. Undangan tugas yang bisa kamu kerjakan akan dikirim via e-mail.

Mengerjakan Tugas Online di Amazon MTurk

Setiap tugas di Amazon diistilahkan dengan sebutan HITs (Human Intelligence Task). HITs adalah daftar pertanyaan yang perlu dijawab oleh para pekerja sesuai dengan instruksi atau petunjuk kerja yang diberikan. Setiap jawaban yang diberikan akan mendapatkan imbalan. Ketika kamu selesai dengan satu HITs, maka HITs berikutnya akan muncul untuk diselesaikan.

HITs sendiri dibuat oleh para pemberi pekerjaan yang oleh Amazon disebut dengan istilah Requester. Setiap pertanyaan yang telah kamu jawab akan bergantung pada Requester untuk menyetujui jawabanmu atau tidak. Dan jika jawabanmu disetujui, maka Requester akan membayar upahmu dalam 30 hari kerja.

Kerja Online Mudah di Situs Amazon 2
Masuk ke dashboardmu untuk melihat daftar pekerjaan yang tersedia. HITs dengan status “Acccept & Work” bisa kamu ambil.

Seperti halnya menjadi pekerja di kantor yang mendapatkan evaluasi rutin dari atasan, kamu juga perlu untuk menjaga kredibilitasmu sebagai worker di Amazon Mturk yaitu dengan menjaga kualitas hasil jawaban yang kamu submit. Cara terbaik untuk melakukan hal itu adalah dengan membaca instruksi pekerjaan dengan teliti, menjawab HITs dengan akurat, dan mengembalikan atau membatalkan HITs yang kamu tidak yakin dengan jawabannya karena hal tersebut akan mengamankan ratingmu.

Kerja Online Mudah di Situs Amazon 3
Di preview, kamu bisa membaca ringkasan pekerjaan, tips, hingga berapa fee yang akan kamu terima.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau ragu dengan instruksi pekerjaan yang diberikan kamu diperbolehkan untuk langsung mengontak Requester. Selain itu, sebelum menerima dan mengerjakan HITs tertentu, pastikan kamu melakukan pratinjau (preview) atas tugas yang tersedia untuk memastikan kamu mampu dan berkomitmen untuk menyelesaikannya.

Pekerjaan online di Amazon Mturk relatif mudah dikerjakan, jika kamu punya banyak waktu dan memahami minimal Bahasa Inggris pasif maka pekerjaan ini tentunya bisa kamu coba. (*)

Comments

  1. Laila
    February, 2020
    • Vira
      August, 2020
  2. Anonymous
    July, 2020
    • Vira
      August, 2020

Leave a Comment