Kerja Online jadi Penguji Website dan Aplikasi di UserTesting

77 / 100

Artikel kali ini akan membahas tentang situs kerja online dengan menjadi penguji website dan aplikasi atau lazim disebut apps tester. Mencari-cari kesalahan orang hukumnya dosa, tapi jika mencari-cari kesalahan sebuah website atau aplikasi, justru akan diganjar dengan dollar jika kamu menjadi penguji website dan aplikasi di UserTesting.

Perusahaan yang bermarkas di Mountain View, Silicon Valley dan bertetangga dengan kantor dari mesin pencari Google ini memang menjadi penghubung antara pebisnis yang akan meluncurkan website atau aplikasi dengan para worker yang bertugas menguji website dan aplikasi.

Melakukan pengujian terhadap website atau aplikasi sebelum diluncurkan ke publik sangat diperlukan, karena jika website/aplikasi tersebut sudah terlanjur diluncurkan tapi ternyata terdapat sejumlah kesalahan atau bugs yang dapat merugikan pengunjung, maka website/aplikasi tersebut akan ditinggalkan. Bahkan besar kemungkinan pengunjung tidak akan mau lagi membuka website/aplikasi tersebut sekalipun kesalahan sudah diperbaiki.

Disinilah peran dari UserTesting melalui worker yang menjadi penguji website dan aplikasi sangat dibutuhkan. Dengan menyewa penguji website/aplikasi lewat UserTesting, pemilik website/aplikasi dapat memastikan bahwa saat diluncurkan website/aplikasi miliknya benar-benar telah sempurna dan siap untuk digunakan oleh siapapun dan dari manapun.

Kerja Online jadi Penguji Website dan Aplikasi di UserTesting 1
UserTesting Platform yang menjembatani antara Pemilik dengan Penguji Werbsite dan Aplikasi

Sementara bagi penguji website dan aplikasi yang bergabung ke dalam UserTesting, tentunya akan memperoleh imbalan yang sepadan lewat jerih payahnya melakukan pengujian baik dengan menggunakan PC, smarphone serta berbagai jenis gadget yang lain.

Cara Bergabung dan Menjadi Penguji Website dan Aplikasi di UserTesting

Buat kamu yang terbiasa melakukan browsing di internet hampir bisa dipastikan tidak akan menemui kesulitan untuk menjadi penguji website dan aplikasi di UserTesting serta memperoleh imbalan dari aktifitas yang kamu lakukan.

Caranya dengan mengunjungi website UserTesting lalu meng-klik kolom Get Paid to Test. Isi alamat email-mu pada kolom yang telah disediakan, centang Term of Use and our Privacy Policy dan klik tombol SIGN UP ME.

Lanjutkan tahap registrasi dengan meng-klik link verifikasi yang dikirim lewat email dan kamu akan dibawa masuk lagi ke website UserTesting untuk mendapatkan tutorial tentang sistem kerja dari platform ini yang disajikan dalam bentuk video. Agar bisa mendapatkan uang, kamu diminta untuk mendownload perangkat lunak UserTesting.

Tahap berikutnya, kamu akan diminta untuk menyaksikan lagi tayangan video tutorial untuk meningkatkan peluang kamu agar bisa disetujui menjadi bagian dari tim penguji website dan aplikasi di UserTesting. Setelah memahami tutorial tersebut, klik tombol Start your test.

Kerja Online jadi Penguji Website dan Aplikasi di UserTesting 2
Halaman Tutorial yang harus Diikuti oleh Penguji website & aplikasi yang baru bergabung

Selanjutnya aplikasi UserTesting akan aktif dan kamu diwajibkan untuk mengikuti tes dengan menjawab sejumlah pertanyaan. Caranya, klik tombol Try It Risk – Free lalu akan muncul sejumlah pertanyaan yang harus dijawab berikut aktifitas yang harus kamu lakukan. Selama melaksanakan tes tersebut, seluruh aktifitas kamu di depan komputer akan terekam dan dapat diketahui oleh pihak UserTenting.

Untuk itu, agar dapat menjadi penguji website, maka selain PC atau laptop maka kamu harus memiliki koneksi internet, webcam dan mikrofon. Sedang untuk penguji seluler harus memiliki ponsel Android, tablet, iPhone atau iPad.

Setelah menjalani tes dan dinyatakan lulus, selanjutnya kamu akan disuruh melengkapi data diri. Selesai sudah proses pendaftaran dan kamu hanya tinggal menunggu untuk mendapatkan proyek dari UserTesting.

Cara Mendapat Uang dengan Menjadi Penguji Website dan Aplikasi di UserTesting

Untuk mengetahui apakah ada proyek yang bisa kamu kerjakan, caranya adalah dengan membuka aplikasi UserTesting. Perlu diketahui bahwa peluang kamu untuk mendapatkan proyek ditentukan oleh sejumlah faktor, diantaranya adalah peringkat kualitas kamu dan demografi.

Kerja Online jadi Penguji Website dan Aplikasi di UserTesting 3
Tampilan Aplikasi UserTesting saat difungsikan untuk Mengerjakan Proyek

Jadi untuk worker senior yang sudah beberapa kali mengerjakan proyek dengan sukses, peluang untuk memperoleh proyek baru semakin terbuka lebar. Selain itu, klien atau pemilik website atau aplikasi biasanya juga mempertimbangkan faktor demografi dalam memilih penguji sehingga pemain baru tidak perlu khawatir tidak mendapatkan proyek.

Jika ada proyek yang cocok untuk kamu, maka akan muncul pemberitahuan atau penawaran yang bisa kamu ambil. Kerjakan proyek tersebut sambil mengaktifkan webcam dan mikrofon. Pada saat mengerjakan proyek, terkadang muncul pertanyaan yang harus dijawab dengan menggunakan mikrofon sehingga penguji website/aplikasi harus menguasai Bahasa Inggris.

Untuk aktifitas menguji website/aplikasi tersebut, setiap 20 menit video yang terekam, UserTesting akan memberikan imbalan sebesar USD 10. Sehingga semakin banyak proyek yang kamu kerjakan atau semakin lama video aktifitas testing yang kamu buat maka dollar yang kamu kumpulkan juga semakin besar.

Untuk proses pembayaran, UserTesting hanya menggunakan metode Paypal, sehingga jika ingin bergabung menjadi penguji website dan aplikasi di platform ini, kamu wajib memiliki akun Paypal. Proses transfer dari UserTesting ke akun Paypal kamu tanpa ada batas minimal. Jadi setiap kali selesai mengerjakan proyek, 7 hari kemudian dollar dari UserTesting sudah masuk ke rekening Paypal kamu.

Itulah cara gampang mendapatkan uang dengan menjadi penguji website dan aplikasi di UserTesting. (*)

Leave a Comment