Ikuti Trik Ini untuk Menjual Jasa Freelance di Instagram

71 / 100 SEO Score

Memanfaatkan media sosial untuk menjual barang dan jasa kini semakin marak, seiring dengan peningkatan jumlah pemakai internet dan pengguna smartphone. Pada tahun 2019 saja, pengguna aktif media sosial di Indonesia meningkat sekitar 20 persen atau sekitar 150 juta pengguna. Manfaatkan figur ini untuk menjual jasa freelance di Instagram.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia dan Indonesia menempati posisi keempat pengguna Instagram terbanyak dengan prosentase 20,97 persen dari total populasi atau sekitar 56 juta pengguna.

Tidak heran jika kemudian, para pelaku bisnis memanfaatkan media sosial yang dirilis sejak tahun 2010 ini untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Menjual jasa lewat Instagram menjadi trend dalam jual beli online bukan hanya karena memiliki populasi yang besar di Indonesia, tapi juga disebabkan platform ini sangat pas untuk memasarkan produk karena berbasis foto dan video.

Hanya saja perlu disadari bahwa cara menjual jasa secara offline berbeda dengan online, bahkan cara berjualan lewat media sosial yang satu berbeda dengan media sosial yang lain. Itu sebabnya bagi freelancer yang ingin sukses menjual jasa lewat Instagram ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Buat Akun yang Sama dengan Jenis Jasa yang Ditawarkan saat Menjual Jasa

Hal paling mendasar yang harus dipahami sebelum memanfaatkan Instagram untuk aktifitas menjual jasa adalah menetapkan tujuan saat membuat akun Instagram yaitu untuk tujuan bisnis.

Karena itu jangan memposting aktifitas pribadi ke dalam akun Instagram tersebut. Jika ingin aktifitas pribadimu diketahui oleh kerabat atau teman-teman di dunia maya, lebih baik  membuat akun Instagram tersendiri.

Beri nama akun Instagram bisnis tersebut dengan nama yang sama dengan nama jenis jasa yang ditawarkan serta pasang foto profil menggunakan logo jasa atau gambar dari jasa yang ingin dijual. 

Setelah akun selesai dibuat, isi profil Instagram dengan lengkap yang mengacu pada profil bisnis dan bukan profil pribadi. Masukkan nomor ponsel dan alamat email yang digunakan untuk aktifitas bisnis, jika memiliki website sertakan pula alamat link dari website tersebut sehingga tampilan akun Instagram Anda terlihat profesional dan kredibel di mata calon klien.

Saatnya Menjual Jasa Lewat Instagram

Setelah memiliki akun, tiba saatnya untuk menjual jasa lewat Instagram. Caranya sudah barang tentu dengan menawarkan atau memposting foto-foto tentang jasa yang ditawarkan disertai caption yang berisi tentang informasi jasa serta kalimat-kalimat yang mengundang daya tarik calon klien.

Hindari memposting segala sesuatu yang bersifat pribadi, namun jangan mengisi beranda Instagram hanya dengan gambar-gambar jasa yang ditawarkan beserta penjelasannya, karena akan membuat follower merasa bosan.

Membuat postingan untuk aktifitas menjual jasa, bukan berarti terus menerus memposting gambar atau foto-foto yang terkait dengan jasa yang ditawarkan, tapi sesekali juga harus diisi dengan hal-hal yang menarik, bermanfaat atau menghibur, seperti membagikan tips-tips, pengetahuan, joke-joke yang memancing tawa atau membagikan hadiah lewat kuis.

Hanya saja yang perlu diingat, apapun yang kamu posting, baik berupa tips, pengetahuan, joke maupun kuis, muaranya tetap pada jasa yang ditawarkan. Artinya, isi dari postingan tersebut harus menggiring follower untuk tahu dan lebih mengenal untuk selanjutnya menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Setiap kali memposting gambar atau video, jangan lupa untuk menambahkan hashtag atau tagar (#), dengan tujuan untuk mempermudah calon konsumen dalam menemukan jasa yang kamu tawarkan. Misalnya jika yang kamu jual jasa content writer, gunakan hashtag #contentwriter #penulisfreelance #penuliskonten dan hashtag lainnya yang paling banyak dicari pengguna Instagram. 

Perbanyak follower, karena semakin banyak yang mengikuti Anda maka semakin banyak pula yang membaca postingan alias penawaran yang Anda bagikan. 

Cara memperbanyak follower adalah dengan rajin memposting jasa serta hal-hal yang bermanfaat, menarik dan menghibur. Selain itu hubungkan akun Instagram bisnis kamu dengan akun instagram pribadi serta akun media sosial milikmu yang lain, agar semua teman di akun Instagram pribadi dan di media sosial yang lain dapat mengikuti postingan yang kamu bagikan di akun Instagram bisnis.

Demikian cara sukses menjual jasa lewat Instagram untuk menggaet klien agar menggunakan jasamu sebagai pekerja lepas.

Leave a Comment