Cara agar Hobi Menghasilkan Uang di Airbnb

81 / 100 SEO Score

Banyak profesi yang bermula dari hobi. Namun, tanpa harus menjadikannya sebagai profesi, peluang untuk menjadikan hobi menghasilkan uang terbuka lebar dengan bergabung bersama Airbnb. Menariknya, hobi apapun yang kamu miliki bisa diterima di sini, mulai dari kuliner, fotografi, melukis, yoga, hiking dan sebagainya.

Airbnb sendiri sebenarnya adalah platform yang menjadi perantara antara pemilik property dengan para wisatawan yang melancong ke suatu daerah. Pemilik property tersebut dapat menyewakan rumah atau kamar miliknya seperti halnya homestay kepada wisatawan melalui airbnb, sehingga dalam hal ini pemilik property bertindak sebagai tuan rumah.

Sejak tahun 2017 istilah ‘tuan rumah’ tersebut diperluas oleh Airbnb, dengan meluncurkan lini ‘Experiences’. Melalui lini baru tersebut, tidak hanya pemilik property saja yang bisa menjadi tuan rumah bagi wisatawan, tapi juga mereka yang memiliki hobi-hobi tertentu yang sesuai dengan minat wisatawan.

cara hobi menghasilkan uang
Setelah bergabung, di halaman dashboard ada berbagai macam experiences yang ditawarkan yang bisa kamu pilih sesuai hobi atau keahlianmu.

Disinilah Airbnb memberi kesempatan kepada siapapun yang tertarik untuk menjadikan hobi menghasilkan uang dengan cara menjadi tuan rumah atau semacam guide. Hanya saja guide yang dimaksud di sini bukan mengantar wisatawan ke objek-objek wisata, melainkan menemani wisatawan untuk melakukan aktifitas tertentu sesuai dengan hobi yang kamu tawarkan lewat  Airbnb dan tentunya sesuai dengan minat wisatawan.

Cara Menjadikan Hobi Menghasilkan Uang dengan Airbnb

Untuk menjadikan hobi menghasilkan uang, langkah awal yang harus dilakukan tentunya adalah bergabung bersama Airbnb. Dalam form pendaftaran yang harus diisi, kamu tidak hanya diminta untuk menuliskan data pribadi secara lengkap dan detail tapi juga menceritakan tentang hobi yang menunjukkan keahlian kamu.

cara hobi menghasilkan uang
Halaman akunmu dimana kamu bisa melakukan beberapa pengaturan.

Berikan gambaran tentang apa saja aktifitas yang bisa dilakukan bersama tamu (wisatawan) yang kamu temani selama berlibur dengan hobi yang kamu tawarkan, nilai lebih apa saja yang bisa didapatkan tamu serta deskripsi lainnya terkait hobi yang kamu tawarkan dan yang bisa menjadi pengalaman berharga sekaligus menyenangkan bagi wisatawan.  

Lengkapi deskripsi tentang hobi kamu dengan foto-foto terbaik yang menunjukkan aktifitasmu saat menekuni hobi tersebut dan kirimkan ke airbnb. Selanjutnya tim airbnb akan melakukan verifikasi dan penilaian. Jika disetujui maka kamu akan dimasukkan ke dalam daftar list ‘tuan rumah’ yang berkesempatan membagikan experiences kepada wisatawan lewat hobi yang kamu miliki.

Besarnya Penghasilan yang Bisa Diperoleh dari Airbnb

Karena sifatnya freelance, tidak ada kepastian terkait besarnya penghasilan yang bisa diperoleh dari Airbnb. Tergantung dari banyaknya tamu yang kamu temani dan besarnya harga yang kamu minta untuk setiap pelayanan. 

Airbnb memberi kesempatan seluas-luasnya pada kamu untuk mematok sendiri harga dari pelayanan yang kamu berikan kepada wisatawan, dimulai dari US$ 20 perorang hingga ratusan dollar. Penghasilan yang kamu peroleh tersebut selanjutnya akan dipotong sebesar 20% oleh Airbnb sebelum ditransfer ke rekeningmu.

Dibandingkan dengan penyewaan properti yang hanya dipotong 3%, potongan untuk jasa experience ini memang cukup besar. Namun demikian kamu tidak akan dirugikan, karena tugasmu hanya menunggu dan melayani tamu yang datang, tanpa harus melakukan apapun, karena semuanya sudah ditangani airbnb, mulai dari mempromosikan jasa kamu lewat platform mereka sampai dengan proses pembayaran. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan perlindungan asuransi dengan nilai sampai dengan US$ 1 juta.

Buat kamu yang suka berbagi hobi dan pengalaman, kesempatan untuk membuat hobi menghasilkan uang yang ditawarkan Airbnb ini tentunya tidak boleh dilewatkan. (*)

Photo by Steve Johnson on Unsplash

Leave a Comment