Haruskah Bekerja Sesuai Passion? Menjawab Postingan Viral di Sosmed

79 / 100 SEO Score

Pencarian akan passion enggak pernah kenal usia. Mulai dari yang baru lulus kuliah sampai yang udah kerja puluhan tahun pun kadang-kadang tetap saja mempertanyakan apa sih passionku sebenarnya? Dan perlu enggak sih bekerja sesuai passion?

Haruskah Bekerja Sesuai Passion? Menjawab Postingan Viral di Sosmed 1
Postingan yang viral di sosial media tentang perlu tidaknya bekerja sesuai passion (1).
Source: Unknown

Bekerja Sesuai Passion- Apa itu Passion?

Menemukan passion memang bukan perkara yang mudah. Passion sering disamakan dengan bakat dan hobi. Walaupun memang bersinggungan, tapi secara harfiah passion itu berarti gairah, yang menunjukkan dia tidak bersumber dari kemampuan melakukan keterampilan, tapi lebih kepada emosi positif yang terlibat ketika melakukan suatu hal. Emosi positif ini biasanya memang hadir ketika kamu melakukan kegiatan yang kamu minati.

Emosi positif ini lah yang menyebabkan kamu memiliki semangat yang konsisten untuk mengerjakan sesuatu hal. Kata konsisten di sini sangat penting untuk ditekankan. Banyak dari kita yang semangat melakukan sesuatu di awal saja, namun di tengah perjalanan karena adanya tantangan dan kendala membuat semangat itu turun, dan akhirnya berhenti mengerjakan hal tersebut. Jika kamu pernah mengalami hal itu dalam menekuni suatu bidang, mungkin saatnya kamu move on ke bidang yang lain.

Cara Menemukan Passion

Menemukan passion adalah soal mencoba berbagai hal berbeda dalam hidupmu. Punya waktu luang? Coba ikut kursus masak, atau jadi penyiar tamu di stasiun radio, atau mungkin magang jadi mekanik di bengkel pamanmu. Kamu enggak pernah tahu aktifitas mana yang akan membuat kamu bergairah sampai kamu mencobanya.

Setelah kamu mencoba berbagai hal di atas lalu perhatikan, mana dari aktifitas tersebut yang setiap masalahnya adalah tantangan yang menyenangkan buat kamu, dan mencari solusinya bikin kamu begadang saking asyiknya. Beri waktu beberapa bulan untuk memastikan gairah tersebut konsisten.

Support dari Lingkungan

Nah jika kamu sudah menemukan passionmu, kamu enggak boleh berhenti sampai di situ. Support dari lingkunganmu sangat penting untuk “merawat” agar passionmu tidak hilang ditelan kenyataan hidup. Keluarga yang mendukung kegiatan favoritmu dan sahabat dengan minat yang sama dengan kamu bisa menjadi support yang sangat penting. Faktanya banyak yang harus merelakan suatu aktivitas tertentu yang sesuai passionnya dengan aktivitas lain yang tidak menggairahkan namun menghasilkan lebih banyak uang.

Memilih Pekerjaan Sesuai Passion atau Enggak?

Sebenarnya memilih antara melakukan pekerjaan yang sesuai passion atau pekerjaan dengan penghasilan yang tinggi bukanlah pilihan. Idealnya kamu punya kedua-duanya; melakukan pekerjaan yang sesuai passion dan memberimu penghasilan tinggi.

bekerja sesuai passion
Postingan yang viral di sosial media tentang perlu tidaknya bekerja sesuai passion (2).
Source: Unknown

Jika kamu belum beruntung mendapatkan pekerjaan yang seperti itu, teruslah bekerja sebaik mungkin di bidangmu yang sekarang. Di saat yang sama, manfaatkan waktu luangmu untuk terus melakukan kegiatan dimana passionmu tersalurkan. Kamu enggak pernah tahu kan kalau kesenanganmu makan banyak ternyata bisa mengundang jutaan view di Youtube dan memberimu penghasilan ratusan juta rupiah perbulannya?

Kesimpulannya adalah ketika aktifitas yang sesuai passionmu sudah menghasilkan lebih banyak daripada pekerjaan yang selama ini kamu geluti dengan setengah hati, itulah saat yang tepat untuk menjadikan passionmu adalah pekerjaan utamamu.

Photo by Ian Schneider on Unsplash

Leave a Comment