Cari Uang dengan Menjadi Guru Les Online di Preply

76 / 100

Apakah kamu berprofesi sebagai guru wiyata bakti dengan gaji jauh di bawah UMR atau kamu merasa memiliki bakat mengajar namun belum tersalurkan? Jika kamu termasuk salah satu dari kedua kategori tersebut, jangan lewatkan kesempatan yang ditawarkan Preply untuk menjadi guru les online.

Dengan bergabung menjadi guru les online di Preply, setidaknya kamu bisa berbagi pengetahuan, menyalurkan bakat kamu dalam mengajar, serta memperoleh pendapatan yang lumayan besar. Bahkan, Preply mengklaim seorang guru yang populer, bisa memperoleh penghasilan sampai dengan US$550 atau sekitar Rp.7.700.000 setiap minggunya.

Menjadi Guru Les Online di Preply

Untuk dapat bergabung menjadi guru les di Preply caranya sangat mudah dan tidak butuh biaya alias gratis. Hanya saja, pada saat kami memperoleh pembayaran les pertama, maka seluruh biaya les yang dibayarkan siswa baru akan diambil 100% oleh Preply sebagai komisi.

Setelah itu, untuk les berikutnya komisi yang dibayarkan guru les kepada Preply dari pembayaran les siswa akan dipotong untuk komisi Preply sebesar 33% sampai dengan 18%. Semakin banyak jam mengajar yang dilakukan guru les, maka semakin sedikit komisi yang dibayarkan kepada Preply.

Menariknya, untuk bisa menjadi guru les di Preply tidak dibutuhkan sertifikat khusus, karena platform ini lebih mengutamakan  pengalaman mengajar seseorang untuk dapat menarik perhatian dan meningkatkan kemampuan siswa.

Cari Uang dengan Menjadi Guru Les Online di Preply 1
Tarif tersebut tergantung tarif per jam yang kamu tentukan, ketersediaanmu, dan kualitas halaman profilmu di Preply.

Karena itu, tidak perlu ragu untuk bergabung di Preply dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran sebagai guru les lewat alamat websitenya, lalu klik tombol Masuk di pojok kanan atas. Setelah terbuka jendela baru, klik tombol Mendaftar Sebagai Guru Les. Pendaftaran juga dapat dilakukan melalui link berikut ini: https://preply.com/id/kerja.

Langkah berikutnya adalah mengisi alamat email dan password atau bisa juga melakukan pendaftaran dengan menggunakan akun facebook. Jika daftar dengan menggunakan alamat email, maka harus dilanjutkan dengan melakukan konfirmasi email yang dikirim Preply.

Selanjutnya isi data diri secara lengkap dengan meng-klik kolom Profil saya. Dalam kolom ini terdapat tujuh item yang harus diisi, yaitu: Tentang, Foto, Deskripsi, Subjek, Perincian, Latar Belakang dan Video. Ketujuh item tersebut harus terisi semua, karena jika tidak maka maka lamaran kamu akan ditolak.

Setelah seluruh data diri dalam kolom Profil saya terisi semua, lanjutkan dengan meng-klik Daftar dan pihak Preply akan melakukan ferivikasi terhadap data yang kamu kirimkan. Mengingat banyaknya permohonan dari seluruh penjuru dunia untuk bisa menjadi guru les di platform ini, maka hanya guru yang diterima saja yang akan memperoleh balasan. Sedang yang ditolak, tidak akan menerima surat pemberitahuan penolakan.

Cara Kerja dan Sistem Pembayaran Preply

Preply memiliki 55 mata pelajaran yang bisa dipilih sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki sebagai  guru les. Begitu diterima menjadi guru les, profil kamu akan ditampilkan di hasil pencarian website untuk membantu kamu memperoleh siswa.

Penempatan posisi profil ditentukan 4 faktor: ketersediaan kamu, review dari siswa yang pernah kamu ajar di Preply, Perincian dan kualitas kamu, serta respon yang kamu berikan terhadap permintaan dan pesan siswa.

Untuk bisa memperoleh  siswa, kamu juga bisa mencarinya dengan membuka kolom Cari Siswa. Perhatikan satu persatu profil siswa dan temukan siswa yang membutuhkan guru les sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Selanjutkan ajukan permintaan kepada calon siswa tersebut, barangkali dia tertarik untuk menjadikan kamu sebagai guru lesnya.

Setelah memperoleh siswa dan menjalankan tugasmu sebagai guru les, tiba saatnya kamu memperoleh pembayaran yang didahului dengan konfirmasi dari siswa. Begitu dikonfirmasi oleh siswa, maka kredit akan ditambahkan dengan jumlah senilai dengan uang yang diterima. Besarnya kredit tersebut berdasarkan tarif perjam dan durasi les.

Kredit atau uang tersebut masih tersimpan di dompet Preply yang setiap saat bisa kamu ambil melalui sistem pembayaran Paypal, Skrill dan Payoneer. Jadi kamu juga harus memiliki salah satu dari ketiga e-currency atau alat pembayaran yang memanfaatkan media internet tersebut.

Cukup mudah dan menjanjikan kan untuk berbagi pengetahuan sekaligus mendapatkan penghasilan di Preply? Jadi tunggu apalagi, daftarkan diri kamu sebagai  guru les di platform ini. (*)

Leave a Comment