Cara Mempertahankan Produktifitas Kerja Bagi Freelancer

Artikel kali ini akan membahas cara mempertahankan produktifitas kerja bagi freelancer. Pekerja lepas memang tidak dituntut untuk bekerja di kantor atau tempat tertentu dan juga tidak dibatasi oleh waktu dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Namun demikian produktifitas dan kualitas kerjanya harus tetap terjaga karena klien memiliki Key Performance Indicator untuk menilai kualitas dan produktifitas kerja freelancer.

Oleh karena itu seorang freelancer harus memiliki strategi untuk dapat mempertahankan produktifitasnya agar dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu dan dengan kualitas kerja yang bisa dipertanggungjawabkan. Berikut beberapa cara untuk dapat mempertahankan produktifitas kerja.

Bangun Mindset dan Buat Jadwal

Cara berpikir seseorang dapat mempengaruhi etos kerjanya. Itu sebabnya, meski tidak bekerja di kantor dan tidak dibawah pengawasan atasan maupun rekan kerja, seorang freelancer harus membangun mindset seolah bekerja di dalam kantor dengan jam kerja yang sudah terjadwal.

Jadi freelancer harus membuat jadwal kerja dan mematuhi jadwal tersebut dengan disiplin. Jangan pernah meninggalkan pekerjaan pada saat jam kerja kecuali untuk urusan-urusan yang urgent dan pada saat jam istirahat juga harus meninggalkan pekerjaan, karena memaksa tenaga dan pikiran melebihi batas kemampuan justru dapat menurunkan kualitas kerja.

Cari Tempat Kerja yang Ideal

Salah satu kelebihan dari seorang freelancer adalah kebebasannya dalam menentukan tempat kerja. Oleh sebab itu, jangan sia-siakan kesempatan tersebut dengan memilih tempat kerja yang ideal, karena semakin nyaman tempat yang digunakan untuk bekerja akan membuat produktifitas kerja semakin meningkat.

Kriteria sebuah tempat dikatakan ideal untuk bekerja memang tidak sama antara freelancer yang satu dengan yang lain. Namun pada umumnya tempat kerja yang ideal bagi freelancer adalah tempat yang sepi dan menghadirkan suasana yang tenang dan nyaman. 

Tempat tersebut juga harus dapat memisahkan antara aktifitas pribadi dan aktifitas kerja agar minim dari gangguan utamanya gangguan dari orang-orang terdekat, baik keluarga, tetangga maupun teman yang mengajak melakukan aktifitas lain pada saat jam kerja.

Peralatan Kerja dan Fasilitas Komunikasi yang Lengkap

Peralatan kerja dan fasilitas komunikasi memiliki pengaruh yang besar terhadap produktifitas kerja freelancer. Tanpa peralatan yang ideal untuk bekerja, kecil kemungkinan untuk dapat mendongkrak produktifitas dan memberikan hasil kerja yang berkualitas.

Begitu juga dengan fasilitas komunikasi, kehadirannya sangat dibutuhkan oleh freelancer karena sistem kerjanya secara remote. Sebab tidak menutup kemungkinan suatu saat harus  berkomunikasi dengan klien untuk membicarakan proyek yang tengah dikerjakan.

Featured image by Jordan Whitfield on Unsplash

Leave a Comment