Cara Memanfaatkan Dropbox untuk Kemudahan Bisnis

80 / 100 SEO Score

Artikel kali ini membahas tentang cara memanfaatkan Dropbox untuk kemudahan bisnis. Dropbox adalah layanan aplikasi cloud storage yang dapat dimanfaatkan para penggunanya secara gratis untuk melakukan penyimpanan data sampai dengan 2GB, sekaligus melakukan sharing data kepada publik jika dibutuhkan. 

Dengan menyimpan data-data penting memanfaatkan Dropbox, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan data meski hardware komputer  rusak dan data penting yang tersimpan di dalamnya hilang, karena data tersebut dapat diunduh ulang melalui Dropbox. Lebih dari itu, kamu juga dapat memanfaatkan data tersebut sewaktu-waktu, kapanpun dan dimanapun, sepanjang terkoneksi dengan internet.

Layanan cloud storage sendiri, sebenarnya cukup banyak dan dapat dengan mudah ditemui dengan memanfaatkan mesin pencari. Namun, Dropbox memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya pantas untuk dipertimbangkan sebagai tempat penyimpanan data online. 

Sejumlah kelebihan yang dimiliki Dropbox diantaranya adalah:

  • Storage

Secara default, member gratis Dropbox memang hanya mendapatkan fasilitas penyimpanan sebesar 2GB, meski kapasitas tersebut sebenarnya sudah lumayan besar. Namun, free account masih bisa memaksimalkan storage sampai dengan 18GB jika yang bersangkutan dapat menginvite atau mengundang orang lain untuk ikut memanfaatkan Dropbox. Tentunya tidak sulit mengajak pengguna internet lain, karena mereka sama sekali tidak dipungut biaya, dan tidak dibebani dengan tugas apapun untuk bisa mendapatkan tempat penyimpanan gratis di internet.

Melalui aktifitas pencarian refferral ini, member akan memperoleh tambahan storage sebesar 500MB untuk setiap orang yang bergabung melalui Link reff yang dia promosikan. Tambahan kapasitas storage tersebut maksimal hanya 16GB atau dengan mengajak 32 orang. Jika lebih dari itu, tidak ada lagi bonus tambahan storage yang diberikan.

  • Fleksibel

Kelebihan lain dari Dropbox adalah fleksibel, karena dapat diakses dengan hampir semua system, seperti Windows, Android, iOS, Mac, Ubuntu, dan lain-lain. Dengan kelebihan tersebut kamu tidak perlu bingung manakala ada data penting yang tertinggal di rumah, sementara kamu  berada di kantor dan membutuhkan data tersebut saat itu juga. Dengan terlebih dahulu menyimpan data di Dropbox, kamu tinggal memanfaatkan komputer kantor, atau Smartphone dengan OS apapun untuk mengunduh atau membaca kembali data yang dibutuhkan melalui Dropbox.

  • Full Sharing

Berbeda dengan fasilitas file sharing, seperti Mediafire, Ziddu serta yang lain, jika ingin melakukan share files harus menuju ke website mereka untuk mendownloadnya. Dengan Dropbox, kamu bisa menikmati direct download, dalam arti, file dapat langsung kamu download dengan mengklik link yang diberikan. 

Cara Memanfaatkan Dropbox untuk Kemudahan Bisnis

Setelah mengetahui sejumlah keunggulan Dropbox dibanding layanan sejenis, tiba saatnya untuk mengetahui cara memanfaatkan Dropbox untuk kemudahan bisnis. Untuk dapat memanfaatkan Dropbox sebagai sarana penghasil uang, sebenarnya tergantung dari kreatifitas masing-masing, karena baik untuk bisnis offline maupun on line, fasilitas penyimpan data ini sangat dibutuhkan.

Bisnis OffLine

Cara memanfaatkan Dropbox untuk kemudahan bisnis offline adalah terkait dengan pemanfaatannya untuk mengamankan data-data penting dari kemungkinan rusaknya hardisk komputer, serta dipakai untuk berbagi data dengan teman tanpa diketahui publik. 

Sehingga jika kamu memiliki proyek bersama dengan satu atau lebih teman, sementara jarak kamu dengan teman-teman tersebut berjauhan, kamu masih tetap dapat membagikan file yang tersimpan di Dropbox, karena layanan ini memiliki fasilitas full control. 

Fasilitas tersebut memungkinkan kamu  untuk mengontrol folder mana saja yang di sync, serta memberi kesempatan kepada kamu untuk berbagi folder dengan teman (folder bersama), walaupun bekerja dengan menggunakan komputer yang berbeda. 

Dengan kata lain, folder yang terdapat di Dropbox kapanpun dapat dikelola, entah diedit, dihapus atau ditambah, dan begitu dilakukan perubahan pada folder tersebut secara otomatis folder yang ada di komputer teman juga mengalami perubahan, begitu juga sebaliknya.   

Bisnis Online

Cara memanfaatkan Dropbox untuk kemudahan bisnis online, salah satunya adalah jika kamu memiliki kreativitas dalam memproduksi produk-produk digital. Produk-produk tersebut dapat kamu simpan di storage Dropbox. Selanjutnya tawarkan atau promosikan produk tersebut kepada calon customer.

Jika kemudian ada yang tertarik untuk membelinya, setelah konsumen melakukan pembayaran, kamu tinggal mengirimkan link produk yang tersimpan di Dropbox, dan customer tinggal mengklik link tersebut untuk kemudian diunduh dan dimanfaatkan.

Dengan menjual produk digital memanfaatkan fasilitas yang diberikan Dropbox, kamu tidak perlu repot dengan pengemasan dan pengiriman barang, dan kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa layanan penyimpanan data online. 

Itulah cara memanfaatkan Dropbox untuk kemudahan bisnis, baik untuk bisnis offline maupun online. (*)

Photo by Cincodias

Leave a Comment