Cara Kerja Online jadi Paid Influencer di Casting Asia

74 / 100 SEO Score

Menjadi paid-influencer di sosial media mungkin adalah salah satu pekerjaan lepas yang menyenangkan. Seorang influencer dibayar untuk mempromosikan suatu barang atau jasa tertentu yang biasanya sesuai dengan personal branding sang influencer. Umumnya artis atau pekerja seni memiliki banyak pengikut sehingga menjadi magnet audiens bagi pemilik iklan. Walaupun begitu, ternyata kamu tidak harus terkenal dulu untuk menjadi influencer, sebuah platform bernama Digital Casting Asia memungkinkan kamu untuk mengiklankan produk dari klien mereka via akun sosial mediamu.

Cara Kerja Online di Casting Asia

Pertama-tama kamu harus mendaftarkan dirimu dulu di Digital Casting Asia. Saat mendaftar pertama kali, kamu bisa memilih menggunakan akun sosial Facebook, Instagram, Twitter, atau Youtube. Jika kamu memilih menggunakan Instagram, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengaturnya ke akun bisnis agar bisa terhubung. Sebagai saran, pilihlah akun dimana kamu paling aktif berkontribusi dan memiliki pengikut atau teman yang banyak. Hal ini dikarenakan pihak mereka akan menganalisa data para pengikutmu untuk mengetahui seperti apa profil audiens yang kamu miliki. Tentu saja ini akan membantu mereka untuk menentukan proyek iklan yang tepat untuk kamu.

Mendaftar di Digital Casting Asia

Untuk mendaftar, kamu bisa klik di Digital Casting Asia lalu ijinkan mereka untuk mengakses akunmu, sekali lagi ini membantu mereka menentukan proyek yang tepat sesuai dengan audiensmu. Setelah mendaftar, kamu akan diarahkan ke dahsboard profil. Di dashboard tersebut kamu akan melihat beraga analytics yang mereka kumpulkan mulai dari perilakumu menggunakan sosial media sampai demografi dan minat dari pengikut atau audiensmu.

Mulai Kampanye di Casting Asia

Oke, saatnya bekerja. Untuk mulai mengiklankan produk klien mereka, di dashboard kamu pilih menu “Search Job”. Di situ nanti akan muncul beberapa kampanye atau proyek yang bisa kamu ambil. Untuk bergabung kamu cukup mengklik “Join Now” dan akan ada instruksi yang perlu kamu baca dengan seksama.

Cara Kerja Online jadi Paid Influencer di Casting Asia 1
Contoh Job yang tersedia di dashboard. Karena kampanye ini sudah full maka tombol “Join Now” sudah tidak ada. Gambar sedang loading saat discreenshot.

Instruksi adalah hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Karena gagal mengikuti instruksi bisa berujung fee yang tidak dibayarkan. Pada dasarnya seluruh pekerjaan online membutuhkan kemauan untuk rinci membaca setiap instruksi, ini adalah keahlian yang harus kamu miliki dan untungnya mudah dibangun dengan kebiasaan.

freelance influencer casting asia
Contoh profilmu di dashboard Casting Asia. Mereka punya akses terhadap data analytics sosmedmu untuk memudahkan campaign-matching.

Bagaimana Saya Dibayar?

Masih di dashboard, kamu bisa melihat menu “Payment”. Di situ nanti kamu perlu mengisi data rekening bank tempat Casting Asia mentransfer fee hasil kerjamu. Tentu saja fee akan dibayar setelah kampanye selesai. Hampir seluruh bank di Indonesia terdaftar di dalam sistem mereka, jadi kamu tidak perlu khawatir soal pembayaran.

freelance influencer casting asia
Contoh beberapa campaign yang muncul di profil Casting Asia-mu, kamu hanya perlu klik “Join” untuk bergabung. Dan campaign yang sudah overbudget tidak bisa kamu ikuti lagi.

Umumnya proyek yang tersedia mengharuskan kamu mengambil foto atau video sendiri, kamu bisa menjadi modelnya atau meminta teman untuk melakukan hal itu. Begitu juga dengan caption dan hashtagnya. Intinya media dll yang diunggah harus sesuai dengan keinginan klien mereka yang disampaikan melalui instruksi.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba? Sering-seringlah untuk login ke dashboard akunmu, karena semua kampanye terbaru akan diperbarui di sana. Seperti semua pekerjaan online, kamu akan berebut dengan orang lain untuk mendapatkan proyek tersebut. Siapa cepat dia dapat. (*)

Leave a Comment