Bekerja dari Rumah Membuat Resume Berbahasa Inggris

75 / 100

Memiliki resume adalah sebuah keharusan dalam melamar pekerjaan. Berbeda dengan CV yang menitikberatkan pada kronologis perjalanan karir, resume lebih berfokus pada pencapaian dan kompetensi dari seseorang sehingga memiliki daya jual untuk direkrut oleh perusahaan. Membuat resume telah menjadi hal yang biasa di kalangan eksekutif ataupun profesional. Namun kesibukan dan keterbatasan waktu sering menjadi kendala seseorang untuk menulis resume yang baik dan menarik. Hal ini menciptakan lapangan bisnis tersendiri.

Salah satu perusahaan yang merintis usaha ini adalah Resume Writer SG, sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura dan memiliki misi untuk menciptakan resume berbahasa Inggris yang memiliki daya jual tinggi kepada perekrut. Perusahaan ini melebarkan sayapnya di 7 negara lain di seluruh Asia.

Tahapan Membuat Resume di Resume Writer SG

Jika kamu tertarik untuk menjadi penulis resume di perusahaan ini, ada beberapa tes yang harus kamu lalui, antara lain:

Stage 1: Initial language test

Di tahap ini kamu harus menjalankan tes Bahasa Inggris level intermediate singkat yang berdurasi tidak lebih dari 5 menit. Jika belum berubah, Resume Writer SG menggunakan live test di situs Learn English British Council yang tidak berbiaya dan bisa segera terlihat hasil skornya. Setelah melakukan tes, kamu diwajibkan mengambil screenshot dari hasil skor sebagai bukti. Usahakan untuk mendapatkan skor di atas 80% agar kamu dinyatakan lulus.

Stage 2: Resume Style Test

Di tahap kedua ini, kamu akan diuji untuk mengedit salah satu bagian dari resume seseorang agar sesuai dengan petunjuk dan “gaya” penulisan yang mereka telah bakukan. Bagian resume yang diujikan biasanya profile summary, sebuah bagian yang merangkum dengan padat pencapaian, pengalaman, dan kompetensi seseorang dan ditampilkan di bagian atas resume. Saat “mempercantik” bagian resume tertentu, kamu harus memahami petunjuk mereka yang bisa kamu baca di blog Resume Writer SG.

Stage 3: Information sharing on pay structure, working process etc.

Nah selamat kamu sekarang semakin dekat untuk bergabung dengan mereka. di tahap ini kamu akan diberi tahu informasi tentang pembayaran dan alur kerja mereka. Tidak ada tes di sini, setelah memberikan beberapa informasi, kamu harus memastikan bahwa kamu paham dan sepakat dengan ketentuan mereka.

Secara umum, inilah alur kerja mereka:

  1. Mewawancara klien mereka untuk memahami riwayat pekerjaan dan tujuan karir yang ingin mereka capai.
  2. Menawarkan strategi yang sesuai untuk menata resume mereka agar mencapai tujuan yang dimaksud
  3. Menulis kembali resume mereka untuk memberikan nilai tambah agar menarik

Stage 4: Trial case

Tahap ini mengharuskan kamu untuk “mempercantik” keselurahn resume dari seorang klien. Berbeda dengan tahap ke-2 yang hanya berfokus pada bagian resume tertentu, tes di tahap ini lebih menyeluruh. Namun tanpa melakukan kontak langsung untuk menghubungi klien mereka.

Stage 5: Skype Video Interview

Inilah tahap terakhir dari keselurahan tes ini. Dengan melakukan wawancara via Skype, tim dari Resume Writer SG akan dapat mengenal profilmu dengan lebih baik. Selain tentunya ini juga akan menjadi tes terselubung untuk memastikan kamu memiliki keterampilan English conversation yang baik.

Stage 6: End of process. On boarding into company.

Selamat! Jika sudah melalui 5 tahap sebelumnya dan lolos semua, maka kamu akan menjadi pekerja lepas mereka dan bisa mulai bekerja.

Menarik bukan bekerja online dengan membuat resume? Jika kamu berminat kamu bisa menghubungi perekrut mereka dengan e-mail ke [email protected]. Selamat mecoba! (*)

Leave a Comment