5 Tipe Video yang Banyak Ditonton di YouTube

82 / 100 SEO Score

Artikel kali ini akan membahas tentang tipe video yang banyak ditonton di YouTube. Sebab bagi seorang youtuber, membuat konten yang menarik saja tidak cukup, tapi bagaimana caranya agar video tersebut ditonton oleh banyak orang, mendapatkan like, subscribe serta dibagikan oleh penonton sehingga menjadi viral.

Untuk dapat memenuhi ekspektasi tersebut, tentunya kamu harus mengetahui tipe-tipe video seperti apa yang paling banyak ditonton. Selanjutnya membuat tipe video yang sejenis, namun ditambah dengan kreatifitas sendiri sehingga terkesan berbeda, inovatif dan lebih menarik untuk ditonton.

Berikut 5  tipe video yang banyak ditonton di YouTube:

Tipe Tutorial

Video tutorial berisi tayangan yang memberikan panduan untuk melakukan atau membuat sesuatu. Jika kamu mempunyai hobi kuliner, buatlah menu yang unik atau menu masakan yang sudah populer dan rekam proses memasak dari menyiapkan bahan sampai siap untuk dihidangkan lalu upload ke channel Youtube.

Buat yang memiliki hobi merias, rekam proses merias wajah dan bagikan ke YouTube. Bisa juga dengan membuat video tutorial yang sifatnya menghibur atau sekedar lucu-lucuan, serta banyak lagi yang bisa dieksplore dari tipe video tutorial ini untuk bisa menjaring pengunjung.  

Tipe List

Tipe list adalah tayangan yang berisi daftar sesuatu yang unik dan menarik dalam bentuk visual, seperti “10 Kiper Terbaik di Dunia”, “7 Penampakan UFO”, “5 Misteri di Dunia yang Belum Terpecahkan”. 

Tayangan seperti ini merupakan salah satu tipe video yang banyak ditonton di YouTube. Bahkan penyajiannya tidak hanya dalam bentuk gambar bergerak, tapi juga dalam bentuk kolase  foto-foto serta rangkaian tulisan.

Tipe Ilustrasi

Banyak sekali konten-konten edukasi yang ditayangkan di YouTube dalam bentuk ilustrasi yang menarik dan berkualitas. Mayoritas dari tayangan tersebut telah ditonton oleh ratusan ribu hingga puluhan juta orang. 

Video-video ilustrasi yang menyedot perhatian banyak penonton tersebut diantaranya dapat ditemui di channel YouTube Vox, CrashCourse serta yang lain. Jika kamu memiliki kemampuan untuk membuat animasi, tidak ada salahnya untuk mengisi ceruk yang satu ini.

Tipe Resensi

Kalau kamu membuka YouTube sekarang dan menulis kata “gundala” pada kolom pencarian, maka yang akan kamu jumpai bukan hanya trailer dari film garapan Joko Anwar ini, tapi juga resensi film Gundala yang ditulis dari berbagai angel dan dengan berbagai judul. Menariknya, kesemua resensi tersebut telah ditonton banyak orang.

Tayangan resensi memang menjadi salah satu tipe video yang banyak ditonton di YouTube sejak lama. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya resensi film-film Hollywood yang tayang di YouTube. Nah, jika kamu suka nonton film, tidak ada salahnya untuk ikut memberikan resensi film dari sudut pandang kamu lewat YouTube. 

Tipe Unboxing

Memanfaatkan rasa keingitahuan manusia yang tinggi, membuat video unboxing selalu ramai ditonton. Pada saat melihat tayangan video ini, penonton ikut terhanyut, terbawa rasa penasaran serta sensasi membuka kotak dan melihat sesuatu yang tersimpan di dalamnya.

Banyak video unboxing yang telah diproduksi dan tayang di YouTube dengan objek yang beragam, mulai dari mainan anak-anak, smartphone, berbagai jenis gadget serta alat-alat teknologi lainnya, dan hampir semuanya meraih jumlah penonton yang tidak sedikit.

Itulah 5  tipe video yang banyak ditonton di YouTube dan bisa dijadikan inspirasi buat kamu yang tertarik untuk meramaikan jagad youtuber. (*)

Photo by Christian Wiediger on Unsplash

One Response

  1. Mentari
    September, 2020

Leave a Comment