5 Bidang Kerja Freelance yang Paling Dibutuhkan

79 / 100

Dunia freelancer kini semakin berkembang seiring dengan maraknya perkembangan teknologi dan semakin banyaknya kebutuhan tenaga kerja di berbagai sektor, ditambah kebijakan perusahaan yang melonggarkan aturan alias tidak dibatasi dengan aturan yang terkait dengan jam kerja.

Berbagai bidang kerja freelance dan remote pun bermunculan dan siap diisi oleh siapapun, baik yang masih fresh graduate atau yang sudah memiliki pekerjaan tetap, tidak terkecuali oleh mereka yang sudah berpengalaman namun merasa jenuh bekerja secara konvensional.

Diantara sekian banyak bidang kerja freelance dan remote yang kini bermunculan, berikut 5  bidang kerja freelance yang paling banyak dibutuhkan.

Web and Software Development

Penggunaan media daring yang semakin meningkat membuat kebutuhan tenaga yang memiliki kemampuan dalam membangun website dan menciptakan software juga terus bertambah. Disinilah peluang bagi web and software development untuk mengais rejeki, utamanya WordPress Developer  yang paling banyak dibutuhkan.

Graphic Designer

Potensi pasar yang dipenuhi generasi millenials membuat produsen semakin memperbesar lini produksinya untuk kalangan muda. Satu hal yang menjadi ciri dari kaum millenials adalah ketertarikannya pada tampilan dalam bentuk visual. Pengalaman visual itulah yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk pembelian sebuah produk.

Karena itulah freelancer yang memiliki kemampuan dalam desain grafis saat ini banyak dicari. Terlebih yang menguasai AI (Augmented Intelligence), Design Thinking dan Sustainable Design.

Writing and Translation

Untuk menyihir konsumen agar tertarik menggunakan sebuah produk, terkadang tidak cukup hanya dengan menggunakan bahasa gambar, tapi juga dibutuhkan deskripsi produk dalam bentuk rangkaian kata yang memikat. Kebutuhan akan person yang memiliki kemampuan dalam mengolah kata itulah yang menjadikan tenaga content writer banyak dicari.

Administrative Support

Jika dulu seorang tenaga administrasi harus selalu standby di kantor, saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi dengan banyaknya perusahaan startup yang memberi kesempatan kepada freelancer untuk menjadi administrasi suport tanpa harus stay di kantor. Jadi, buat kamu yang memiliki kemampuan dalam menangani tugas-tugas administrasi, peluang ini tentunya tidak boleh dilewatkan.

Sales and Marketing

Maraknya e-commerce, online shop serta jual beli dengan memanfaatkan social media membuat sistem penjualan produk turut berkembang dengan munculnya sistem reseller, dropship dan sebagainya. Disinilah tenaga sales and marketing juga mengalami perkembangan dengan munculnya tenaga-tenaga freelancer yang membantu penjualan produk dengan memanfaatkan media daring.

Itulah 5 bidang kerja freelance yang saat ini paling banyak dibutuhkan. Apakah kamu tertarik untuk menguasai salah satu bidang tersebut? Beri pendapatmu di kolom komentar.

Featured image by Evgeni Tcherkasski on Unsplash

Leave a Comment