4 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

82 / 100 SEO Score

Banyak cara menghasilkan uang dari blog, jika kamu benar-benar serius menekuni dunia blogger dan menjadikan aktifitas ngeblog sebagai sumber penghasilan. Tentunya untuk bisa mengais penghasilan dari ngeblog tidak semudah membalik telapak tangan. Diperlukan waktu yang panjang untuk membangun blog, mengisinya dengan konten yang unik (lolos copyscape) dan menarik, menempati peringkat atas pada pencarian di search engine dengan keyword tertentu, dan sudah pasti memiliki ribuan pengunjung.

Jika blog yang kamu bangun sudah memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut, maka saatnya menikmati jerih payah yang kamu lakukan dengan menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Caranya adalah sebagai berikut: 

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Mengikuti Program Afiliasi

Cara menghasilkan uang dari blog yang pertama adalah mengikuti program afiliasi. Cara ini secara sederhana dapat diartikan mempromosikan produk dan jasa milik perusahaan atau orang lain, dan jika ada seseorang yang membeli produk atau jasa tersebut lewat link yang kamu  pasang pada blog, maka kamu akan memperoleh komisi penjualan. Banyak program afiliasi yang bisa diikuti oleh para pemilik blog, seperti Clickbank, Amazon, Linkshare, Hostgator, long Tail Pro, Lazada, serta yang lain.

Bergabung dengan Program PPC

Berbeda dengan program afiliasi, cara menghasilkan uang dari blog lewat PPC (Pay Per Click) tidak mengharuskan orang yang mengklik link iklan yang terpasang di blog membeli  produk atau jasa agar kamu dapat memperoleh pembayaran, tapi cukup dengan mengklik link dari iklan tersebut dan melihatnya untuk beberapa saat, maka kamu akan memperoleh komisi dari perusahaan PPC atau yang lazim disebut publisher.

Cukup banyak perusahaan PPC yang ada sekarang ini, baik dari luar maupun dari dalam negeri, dan yang paling populer serta menjadi tujuan mayoritas blogger adalah Google Adsense. Untuk dapat bergabung dengan perusahaan PPC, utamanya Adsense, persyaratannya cukup ketat, namun penghasilan yang dijanjikan juga cukup menggiurkan. Untuk program Adsense misalnya, tidak sedikit bloger Indonesia yang memperoleh penghasilan puluhan juta setiap bulannya hanya dari PPC milik Google ini. Terdapat beberapa publisher lain yang juga bisa kamu incar, antara lain AdPlus dan AdStar

Review atau Mengulas Produk

Blog dengan jumlah pengunjung yang banyak akan menarik perhatian siapapun untuk bisa menempatkan informasi seputar produk mereka di halaman blog tersebut. Tentunya hal ini berpotensi sebagai cara menghasilkan uang dari blog. 

Karena itu pemilik blog yang memiliki pengunjung berlimpah dapat memanfaatkannya untuk menerima order review produk yang biasa disebut Paid for Review. Peluang ini cukup menjanjikan, karena untuk setiap artikel yang mereview sebuah produk nilainya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari kesepakatan.

Untuk dapat menerima job mereview produk bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menawarkan kepada klien agar produk mereka diulas di blog kamu sehingga berpeluang dibaca oleh pengunjung blog kamu.

Menjual Space Iklan  

Cara menghasilkan uang dari blog lainnya dengan tidak melibatkan pihak ketiga adalah menjual space iklan. Iklan tersebut dalam bentuk banner dengan berbagai ukuran seperti 125 x 125, 160 x 600, 780 x 90 serta yang lain, sesuai dengan tampilan blog. Cara ini lebih cepat dirasakan hasilnya, karena pihak advertiser langsung membayar kepada pihak publisher, tanpa melalui pihak ketiga seperti program PPC, program afiliasi, maupun program paid for review.

Meski dengan melibatkan pihak ketiga, kamu bisa lebih mudah mendapatkan job, namun dari sisi pembayaran tidak bisa seketika menerima imbalan, karena biasanya ada persyaratan-persyaratan khusus, seperti harus memenuhi standard minimal untuk dapat melakukan penarikan.   

Disamping keempat cara tersebut di atas, masih ada sejumlah cara menghasilkan uang dari blog yang lainnya, seperti: Drop Shipping, menjual membership atau keanggotaan blog, mengikuti kontes SEO, menjual blog, dan masih banyak lagi yang lain. (*)

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Leave a Comment