4 Cara Mendapatkan Uang dari Ebay

73 / 100 SEO Score

Artikel kali ini akan membahas tentang cara mendapatkan uang dari Ebay. Bermula dari situs pribadi yang dibangun Pierre Omidyar untuk memberikan sumbangan guna penanganan virus Ebola, ebay yang berdiri pada tahun 1995 berkembang pesat menjadi yang terdepan diantara situs-situs yang memberikan layanan pelelangan dan penjualan. Sukses ebay yang berkantor di San Jose, California tersebut memberi inspirasi banyak pihak, sehingga situs sejenis tumbuh dengan pesat di seluruh penjuru dunia.

Tidak hanya para pemilik modal besar saja yang terinspirasi oleh ebay, tapi juga pengais dollar yang mencoba mencari peruntungan di dunia bisnis online. Hasilnya, sangat tidak mengecewakan, karena sudah ribuan orang yang berhasil mendapatkan ribuan dollar dari ebay, sehingga tidak sedikit diantara mereka yang awalnya menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan sampingan, justru meninggalkan pekerjaan utama mereka untuk menekuni online bisnis secara full time.

Ebay memang berbeda dari situs pelelangan dan penjualan lainnya. Selain sebagai inspirator bisnis, ebay juga senantiasa menjadi sumber pembelajaran bagi pelaku bisnis online, karena sejumlah fitur yang disematkan di halaman websitenya, bisa dijadikan rujukan bagi siapa saja yang ingin menekuni bisnis pemasaran secara online, salah satu diantaranya adalah fitur ebay’s advanced search.

4 Cara Mendapatkan Uang dari Ebay 1
ebay, lahan yang potensial bagi para pedagang

Fitur ini memungkinkan bagi siapa saja untuk melihat gambaran dari sebuah produk yang akan dijual, seperti mengetahui produk apa dan berapa banyak yang berhasil terjual, mengecek “Ended Listing” untuk mencari informasi produk apa yang terjual secara konsisten dan produk apa yang memberikan banyak keuntungan, serta fluktuasi produk yang dapat dijadikan sebagai indikator dalam menjalankan bisnis.

Lebih dari itu, ebay menjadi menarik untuk dipelajari, karena situs ini memungkinkan bagi siapa saja untuk bisa mendapatkan uang melalui 4 cara berikut ini.

4 Cara mendapatkan uang dari ebay:

1. Ebay Arbitrage

Cara mendapatkan uang melalui program ini didapat dari selisih harga jual dengan harga beli dari produki yang diperdagangkan. Untuk meraih keuntungan tersebut, kamu harus menjadi penjual lanjutan yang membeli produk dalam jumlah besar pada penjual tingkat satu.

Karena produk yang kamu beli jumlahnya banyak, maka harga yang kamu bayar menjadi lebih rendah. Selanjutnya, kamu menjual kembali produk tersebut melalui ebay dalam jumlah satuan dengan harga yang lebih mahal dari harga beli. Selisih antara harga beli dengan harga jual itulah yang menjadi keuntungan.

2. Drop Shipping

Program drop shipping sebagaimana yang kamu kenal adalah menjualkan barang milik orang lain atau menjadi perantara transaksi jual beli. Drop shipping yang berlaku di ebay, dapat memposisikan diri kamu seolah-olah pemilik barang dan memiliki hak untuk menentukan sendiri harga jual barang tersebut.

Untuk dapat menjual produk drop shipping, tentunya harus mempromosikan list barang yang diperdagangkan. Begitu ada pengguna internet yang tertarik dengan produk tersebut, mereka akan memesannya pada kamu.

Selanjutnya, kamu meneruskan pesanan tersebut pada pemilik barang, agar barang yang sudah dibayar oleh customer tersebut dapat segera dikirimkan. Selisih harga yang kamu tawarkan kepada customer dengan harga yang kamu bayarkan ke pemilik produk itulah yang menjadi keuntungan.

3. Konsinyasi Bisnis

Berbeda dengan drop shipping yang membebaskan kamu menentukan harga jual sebuah produk milik orang lain, pada konsinyasi bisnis harga tetap merujuk pada ketentuan harga yang telah ditetapkan pemilik barang.

Sehingga tugas kamu adalah membantu produsen atau pihak penjual, dan jika penawaran yang kamu lakukan menarik minat konsumen untuk membeli barang tersebut, maka kamu akan mendapatkan imbalan dari produsen sesuai dengan prosentase yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Menjual Produk Sendiri

Selain berperan sebagai perantara transaksi jual beli dari produk milik orang lain, kamu juga dapat  menjual produk sendiri. Produk yang dimaksud dapat berupa barang maupun jasa. Jangan pesimis produk yang kamu hasilkan kalah bersaing dengan produk-produk dari negara-negara maju, karena tidak sedikit konsumen yang justru lebih tertarik dengan produk-produk yang dihasilkan negara-negara berkembang, utamanya produk handycraft, produk yang bercitarasa klasik dan tradisional, serta produk-produk yang unik serta berbeda dari yang lain.

Banyaknya sistem jual beli yang ditawarkan ebay kepada para membernya, memungkinkan  siapapun untuk dapat mengais keuntungan lewat situs ini, sepanjang mau belajar dan bekerja  keras, serta tidak pernah berhenti untuk memanfaatkan celah dan peluang bisnis yang ada. (*)

Leave a Comment