4 Cara Mendapatkan Uang dari Bitly, Penyingkat URL

78 / 100 SEO Score

Artikel kali ini akan membahas tentang cara mendapatkan uang dari bitly. Bagi kamu yang masih asing dengan bitly, secara singkat dapat dijelaskan bahwa situs Bitly adalah penyingkat atau pemendek URL, sehingga link URL yang tertulis panjang dapat diperpendek dengan memanfaatkan Bitly. 

Sejak tahun 2008 Bitly sudah banyak dipakai sebagai penyingkat URL untuk email, SMS, maupun sosial media, bahkan twitter sempat memanfaatkannya sebelum memiliki penyingkat URL sendiri. 

Memperpendek URL sangat penting bagi seorang webmaster, utamanya yang bergerak di bisnis affiliasi, karena dengan diperpendek, penulisan link jadi lebih mudah saat akan disebarluaskan di media sosial, link dapat lebih mudah dihafal oleh pembacanya, dan mereka yang membaca link tersebut tidak curiga bahwa link tersebut sebenarnya tengah menggiring mereka untuk mengunjungi sebuah website affiliasi.

Tidak hanya itu saja, bitly juga menyediakan fitur untuk melakukan tracking serta memberi informasi secara detail tentang trafik, referrer, hingga lokasi saat link yang sudah diperpendek tersebut diklik oleh pengguna internet. Dengan informasi yang didapat lewat fitur tersebut, seorang webmaster akan dapat mengevaluasi sistem promosi yang dikembangkannya.

Disamping keuntungan yang didapat dari memperpendek URL, keuntungan lainnya adalah imbalan yang diberikan situs bit.ly kepada para penggunanya. Seseorang akan mendapatkan imbalan dalam bentuk dollar dari bitly, jika link yang dia perpendek dengan menggunakan bitly, diklik oleh pengunjung internet. Imbalan tersebut akan dibayarkan melalui paypal. 

Cara Daftar dan Mendapatkan Uang dari Bitly

Untuk bisa mendapatkan imbalan dari bitly, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan diri secara gratis di situs Bitly dengan memasukkan alamat email atau join dengan menggunakan akun facebook. Isi form pendaftaran yang telah disediakan dan klik submit. Selanjutnya cek email, buka email yang dikirim Bitly dan klik link aktifasi.

Setelah terdaftar sebagai member Bitly, saatnya buat kamu mempraktekkan cara mendapatkan uang dari bitly sebagai berikut:

1. Buat Blog/Website

Blog dengan konten orisinil dan menarik serta mempunyai banyak pengunjung, memiliki potensi yang besar sebagai sarana untuk mengeruk dolar dari Bitly, karena setiap artikel yang mengisi halaman blog memiliki peluang untuk dilihat dan dibaca pengunjung blog, dan setiap kali ada yang membaca artikel tersebut, tabungan Anda di bitly juga bertambah.

Cara mendapatkan uang dari bitly melalui blog/website, dilakukan dengan membuat konten/artikel yang menarik. Posting artikel tersebut melalui dashboard blog/website, dan copy link artikel. Selanjutnya buka situs bit.ly dan paste link artikel ke dalam kolom shorten untuk memperpendek URL.

Setelah link berhasil diperpendek, copy hasil pemendekannya, dan masuk kembali ke dashboard blog/website. Hapus alamat link artikel yang telah diposting pada dashboard, dan ganti dengan alamat link yang telah diperpendek dengan menempelkan tautan pendek dari bit.ly. 

Dengan cara tersebut, setiap kali pengunjung blog membuka dan membaca setiap konten atau artikel yang termuat di blog/website, tanpa sadar dia juga telah mengklik link yang telah dipendekkan dengan menggunakan bit.ly. Sehingga kamu akan memperoleh imbalan dari bitly atas aktifitas yang dilakukan pengunjung blog.

2. Manfaatkan Blog Download

Jika kamu memiliki blog download, yaitu blog yang berisi konten legal untuk diunduh oleh pengunjung blog, baik berisi ebook, software, aplikasi, games, lagu-lagu, maupun video, manfaatkan untuk meraup dolar dengan menggunakan Bitly. Caranya dengan memperpendek link download memakai Bitly, sehingga setiap kali ada pengunjung blog yang mengunduh konten yang ada dalam blog, saat itu pula pundi-pundi dolar kamu di Bitly bertambah. 

3. Menggunakan Media Youtube  

Ada peluang yang cukup menarik dari Bitly untuk mereka yang memiliki kemampuan dalam pemrograman visual basic serta editing video. Peluang tersebut adalah membuat konten video seputar games terbaru untuk smartphone maupun PC. Dapatkan informasi tentang game-game terbaru dengan memanfaatkan mesin pencari, dan buatlah link download dari games freeware tersebut dengan memanfaatkan keahlian visual basic yang kamu miliki. Perpendek link tersebut tersebut dengan menggunakan bitly, dan sebarluaskan dengan memanfaatkan youtube.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Bagi kamu yang tidak memiliki blog/website dan tidak bisa membuat konten-konten yang unik dan menarik, masih terbuka peluang untuk mendapatkan dolar dari Bitly dengan cara memanfaatkan sosial media, seperti facebook, twitter, google plus, instagram serta sosmed lainnya. 
Cara mendapatkan uang dari Bitly melalui sosial media ini dilakukan dengan mencari artikel-artikel yang unik dan menarik pada blog/website apapun, kemudian memperpendek URL dari konten tersebut dengan menggunakan Bitly, dan memposting URL pendeknya di beranda sosial media kamu. Cara ini hanya akan efektif jika followers kamu mencapai ribuan. (*)

Demikian 4 cara mendapatkan uang dari Bitly, kamu tertarik untuk mencoba cara yang mana?. (*)

Comments

  1. Anonymous
    May, 2020
  2. anatariksa
    August, 2020
  3. jufri
    August, 2020
    • Vira
      September, 2020

Leave a Comment