3 Jenis Pekerjaan Sampingan yang Paling Populer

82 / 100 SEO Score

Selama ini sebenarnya sangat banyak orang-orang yang ingin memperoleh penghasilan tambahan lewat pekerjaan sampingan, namun tidak berani untuk melakukannya karena khawatir dapat mengganggu pekerjaan utama atau takut mengganggu kebersamaannya dengan keluarga.

Namun, kekhawatiran tersebut kini dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi internet, karena sangat banyak pekerjaan yang bisa memberikan tambahan penghasilan yang dapat dikerjakan secara online. Sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama serta bisa dikerjakan saat sedang santai bersama keluarga. 

Diantara sekian banyak pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan secara online, 3 diantaranya adalah sebagai berikut.

Pekerjaan Sampingan: Jual-Beli Online

Maraknya transaksi dengan sistem daring memberikan peluang bagi siapapun untuk bisa mengais rejeki tambahan lewat aktifitas jual-beli online. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan aktifitas bisnis ini, seperti membuka online shop, berjualan di  marketplace atau menawarkan produk lewat media sosial.

Untuk bisa berjualanpun tidak harus dengan membuat dan memiliki produk sendiri, karena banyak sistem yang memungkinkan seseorang untuk berjualan tanpa harus membuat produk atau menimbun stok barang, seperti sistem dropshipper, reseller, serta yang lain.

Dalam menjalankan aktifitas jual-beli online ini, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, serta dapat dikerjakan secara santai. Kalaupun ada yang butuh sedikit bersusah payah adalah membuka toko online. Itupun hanya pada awal-awal pendirian, karena setelah online shop sudah berjalan, semua pekerjaan dapat diselesaikan secara mudah dengan sistem digital.

Pekerjaan Sampingan: Menjadi Blogger dan Vlogger

Kerja sampingan yang dapat dikerjakan secara online dengan penghasilan yang cukup menjanjikan adalah membuat blog dan video blog atau yang populer dengan sebutan blogger dan vlogger. 

Bahkan, mereka yang sukses menekuni bisnis sebagai blogger dan vlogger,  tidak sedikit yang menjadikannya sebagai profesi utama karena penghasilan yang bisa diperoleh jauh melebihi penghasilan yang didapat dari pekerjaan utama. Betapa tidak, beberapa blogger dan vlogger di Indonesia, ada yang berpenghasilan mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah setiap tahunnya.

Menekuni profesi sebagai blogger dan vlogger pun relatif mudah dan dapat dikerjakan di waktu-waktu luang. Kamu cukup membangun blog dan membuat konten untuk mengisi blog tersebut atau merekam berbagai aktifitas dengan kamera video lalu menguploadnyake channel Youtube.

Pekerjaan Sampingan: Menjadi Freelancer

Dunia kerja saat ini berkembang mengikuti laju dari arus teknologi, sehingga banyak perusahaan yang lebih memilih pekerja lepas alias freelancer serta mengurangi pekerja tetap untuk menekan keuangan perusahaan. Terlebih kualitas dari tenaga freelancer saat ini tidak kalah dari pekerja tetap, karena banyak diantara mereka yang profesional di bidangnya masing-masing.

Sangat banyak proyek yang tersedia bagi para tenaga freelancer, mulai dari translater, penulis, design grafis, web developer, admin media sosial, dan masih banyak lagi proyek-proyek yang lain.

Karena pemberi kerja hanya mengutamakan kualitas dari hasil pekerjaan serta tidak melewati batas waktu yang telah ditetapkan bersama, maka pengerjaan proyekpun dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja oleh freelancer. Hal inilah yang membuat freelance bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Itulah tiga jenis pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan secara online, sehingga memungkinkan bagi siapapun untuk memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama dan mengganggu kebersamaannya dengan keluarga. (*)

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Leave a Comment