3 Cara Mudah Bikin Klien Terkesan untuk Freelancer

74 / 100

Untuk membuat klien terkesan, kualitas dari hasil pekerjaan memang menjadi syarat utama. Namun, meski hasil dari pekerjaanmu memenuhi standar yang diinginkan, belum tentu klien akan memanfaatkan lagi jasa kamu untuk proyek-proyek selanjutnya, jika kamu tidak mampu membuatnya lebih terkesan dengan menyentuh perasaan serta sisi psikologisnya.

Untuk dapat merebut hati klien agar menggunakan jasa kamu lagi diwaktu-waktu yang akan datang, lakukan cara-3 cara berikut ini.

Cara Mudah Bikin Klien Terkesan:

1. Mudah Dihubungi

Komunikasi adalah bagian dari profesionalitas kerja. Jadi pastikan seluruh perangkat komunikasi aktif dan jangan sampai klien kesulitan saat menghubungi. Jika kamu terpaksa tidak bisa dihubungi dan tidak sempat membalas pesan saat klien ingin mengajak berkomunikasi, maka begitu ada kesempatan segeralah untuk menghubunginya.

Jangan malu untuk menyampaikan permintaan maaf, terangkan secara singkat alasanmu tidak bisa dihubungi atau tidak segera membalas pesan dan tanyakan keperluannya menghubungi kamu. Jaga terus komunikasi karena kelancaran komunikasi merupakan salah satu cara untuk membuat klien terkesan.

2. Posisikan Diri Kamu sebagai Klien

Hasil kerja yang baik tidak hanya sebatas mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan job discription yang diberikan, melainkan juga mampu mewujudkan harapan dan keinginan klien yang tidak tertulis dalam deskripsi kerja.

Untuk dapat mewujudkan harapan dan keinginan klien, posisikan diri kamu sebagai klien, dan buat pertanyaan pada diri sendiri, hal apa yang kamu inginkan jika berposisi sebagai  klien. Jika masih merasa sulit, jangan ragu untuk bertanya kepada klien terkait proyek yang kamu kerjakan.

Beri kesempatan kepada klien untuk bercerita seputar proyek tersebut, baik harapan dan keinginannya maupun persoalan yang dia hadapi, dan berusahalah untuk membantunya. Jika tidak mampu membantu, setidaknya kamu sudah menjadi pendengar yang baik. Apa yang kamu lakukan itu akan membuat klien terkesan.

3. Bangun Hubungan Personal

Untuk membuat klien terkesan, selain hubungan profesional usahakan pula membangun hubungan personal. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menunjukkan perhatian kamu terhadap hal-hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan sehingga klien merasa diperhatikan.

Cara ini sangat efektif untuk membangun kedekatan antara kamu dengan klien, sepanjang  dilakukan dengan hati-hati. Karena jika terlalu jauh bertanya tentang hal-hal pribadi, klien justru akan merasa kurang nyaman, sebab kesan yang kamu tunjukkan seolah ingin tahu urusan orang lain.

Itulah 3 cara untuk membuat klien terkesan dan menggunakan lagi jasa kamu untuk proyek-proyek selanjutnya. (*)

Leave a Comment